Karawang (ANTARA) - PT Bridgestone Tire Indonesia (Bridgestone Indonesia) secara resmi meluncurkan produk baru dari turunan Ecopia yakni Ecopia EP300 Enliten yang diklaim memiliki tingkat Rolling Resistance Coefficient (RRC) atau hambatan gulir yang rendah lebih rendah 4 persen dibandingkan dengan ban tanpa teknologi tersebut.

“Kehadiran Ecopia EP300 Enliten, di luar sisi bisnisnya, menunjukkan komitmen kuat kami pada aspek lingkungan,” kata Presiden Direktur Bridgestone Indonesia Mukiat Sutikno saat peluncuran ban terbaru Bridgestone di Karawang, Jawa Barat, Rabu.

Teknologi Inliten digadang akan memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap lingkungan karena ban dengan teknologi itu dapat menurunkan produksi CO2 berkat penekanan konsumsi bahan bakar.

“Isu terkait lingkungan menjadi concern (kekhawatiran) terbesar kami dan sudah menjadi bagian dari Bridgestone E8 Commitment, di mana di dalamnya terdapat poin-poin terkait energi, ekologi, dan efisiensi,” ucap Mukiat.

Dalam penerapannya, Bridgesotne secara konsisten terus menjaga komitmennya dalam menghadirkan produk-produk berkualitas di antaranya dengan melakukan optimalisasi crown shape (pola atau bentuk kembang ban).

Bridgestone meyakini bahwa dengan menerapkan desain yang seperti itu akan dapat mendapatkan kontak ban yang lebih merata dengan permukaan aspal. Dengan desain itu, RRC yang dihasilkan oleh ban dipercaya lebih rendah atau lebih baik.

Bridgestone Ecopia EP300 Enliten. (ANTARA/Chairul Rohman)

Produsen karet bundar terbesar di Indonesia itu memang sangat fokus terhadap isu-isu polusi yang sedang digencarkan oleh pemerintah saat ini. Dengan berbagai pengalaman dan juga teknologi yang dimilikinya, tidak begitu sulit bagi Bridgestone dalam menghasilkan sebuah produk yang lebih bersih untuk alam.

“Teknologi yang terjadi di industri otomotif juga sejalan dengan industri pendukungnya seperti ban. maka dari itu, produk ini lebih efisien, RRC juga lebih rendah sehingga pemakaian bahan bakar jauh lebih baik dan tentu emisi juga akan lebih berkurang,” Mukiat mengeklaim.

Performa Ecopia EP300 Enliten juga ditunjang oleh desain tepi blok yang membulat mencegah deformasi untuk menjaga bentuk kontak, yang akan membantu saat proses pengereman.

“Penerapan desain tapak baru untuk mengontrol deformasi ban dengan lebih baik, mampu memberikan daya tahan yang lama pada kinerja ban. Seperti pada saat penanganan dan pengereman di lintasan basah,” jelas Direktur Pemasaran Bridgestone Indonesia Masaki Abe.

Ecopia EP300 Enliten yang baru akan tersedia di akhir November ini tersedia untuk ukuran ring 15, 16, dan 17 inci yang akan siap digunakan untuk berbagai kendaraan segmen MPV dan small SUV.

Baca juga: Bridgestone siap pasok ban untuk kendaraan elektrik

Baca juga: Bridgestone Ecopia EP150 dan Turanza ban standar Toyota Sienta

Baca juga: Michelin Indonesia rilis ban performa tinggi namun cocok untuk harian

Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023