Jakarta (ANTARA) - Nissan mengkonfirmasi mulainya 15 hari penghitungan mundur untuk peluncuran All-New Nissan Kicks ePOWER di Indonesia, atau pada tanggal 2 September 2020.

Ini menjadikan Indonesia salah satu negara pertama yang akan memiliki teknologi inovatif Nissan, e-POWER, yang diciptakan untuk memberikan akselerasi kendaraan listrik yang mulus dan bertenaga, tanpa perlu pengisian daya eksternal.

"Dalam 15 hari, Nissan akan mengubah dunia otomotif Indonesia. Peluncuran e-POWER ini menandakan era baru, di mana Nissan menghadirkan teknologi inovatif terbaik kepada para pelanggan kami. e-POWER adalah teknologi pertama di dunia dan mewakili langkah berani elektrifikasi Nissan di Indonesia,” kata Presiden Direktur Nissan di Indonesia, Isao Sekiguchi, melalui keterangannya, Rabu.

Baca juga: Nissan terancam dapat "rapor merah" penjualan dalam satu dekade

Baca juga: Nissan bersedia tunda penutupan pabriknya di Barcelona


“Semangat berani Nissan memungkinkan kami untuk mendisrupsi mobilitas konvensional – untuk masa depan yang terelektrifikasi. Peluncuran model baru ini menunjukkan sikap kami untuk ‘berani melakukan apa yang tidak dilakukan orang lain’, dan bukti komitmen berkelanjutan kami kepada pelanggan di Indonesia,” ujarnya menambahkan.

Dengan menggabungkan 100 persen motor listrik dengan mesin bensin untuk mengisi daya baterai, e-POWER memberikan sensasi berkendara yang bertenaga dan tenang, serta efisiensi bahan bakar yang baik.

All-New Nissan Kicks e-POWER akan menjadi model e-POWER pertama yang tersedia untuk pelanggan di Indonesia, sebagai jembatan menuju mobilitas kendaraan listrik sepenuhnya.

Dinobatkan pada tahun 2019 sebagai 'Technology of the Year' oleh Automotive Researchers' and Journalists' Conference of Japan, teknologi powertrain e-POWER Nissan langsung populer setelah diluncurkan di Jepang.

Teknologi ini berasal dari Nissan LEAF, kendaraan listrik 100 persen pertama yang dipasarkan secara massal di dunia, dengan lebih dari 470 ribu unit terjual secara global hingga saat ini.

Berbeda dengan sistem pada battery electric vehicle, ePOWER menyertakan mesin bensin dengan generator listrik, inverter, baterai, dan motor listrik. Roda-roda sepenuhnya digerakkan oleh motor listrik, yang ditenagai oleh baterai dan diisi dayanya oleh mesin bensin.

Mesin tidak hanya mengisi baterai tetapi juga mengalirkan listrik, melalui inverter, langsung ke motor. Saat akselerasi ekstra diperlukan atau saat mendaki tanjakan terjal, motor listrik menerima tenaga dari baterai dan mesin untuk meningkatkan kinerjanya.

Teknologi ini juga memberikan efisiensi bahan bakar yang unggul dan emisi yang lebih rendah, dibandingkan dengan mesin bensin.

“Indonesia secara strategis dipilih untuk memperkenalkan teknologi e-POWER yang terkenal dari Nissan. Saatnya mengubah cara kita berkendara dengan sensasi berkendara mobil listrik yang berani,” kata Sekiguchi.

Peluncuran All-New Nissan Kicks e-POWER akan dilakukan secara virtual pada Rabu, 2 September 2020 pukul 19.00 di kanal YouTube resmi Nissan Indonesia.

Baca juga: Kia Sonet, SUV kompak pesaing Hyundai Venue hingga Nissan Magnite

Baca juga: Nissan memperkuat kolaborasi dengan Indomobil Group

Baca juga: Penjualan lesu, Mazda alami kerugian ratusan juta dolar
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020