Jakarta (ANTARA) - Distributor kendaraan niaga Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC), PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) menyerahkan dua unit kendaraan Colt Diesel kepada Palang Merah Indonesia (PMI) Surakarta dan SMK Muhammadiyah Tumijajar Lampung, pada Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle (Giicomvec) di Jakarta.

"Kami berharap melalui Colt Diesel ini dapat terus berkontribusi pada masyarakat Indonesia, baik dari perspektif pendidikan dan kemanusiaan," kata Director Administration & Human Resources Division KTB Syaifuddin Said dalam keterangannya pada Jumat.

Adapun unit yang didonasikan untuk PMI adalah varian FE Super HD, yang telah dimodifikasi menjadi truk tangki air. Truk itu akan digunakan PMI guna memberikan bantuan kemanusiaan, terutama mendistribusikan air bersih.

Kerja sama KTB dengan PMI telah terjalin sejak lama, dimana karyawan KTB secara rutin memberikan donor darah setiap tiga bulan, donasi unit kendaraan truk, pembangunan sekolah yang tertimpa bencana, serta bantuan kemanusiaan.

Baca juga: KTB kenalkan Fighter FN61FL HD 6x2 sasis panjang

Baca juga: Mitsubishi Fuso sosialisasi truk listrik eCanter


Sedangkan satu unit kendaraan Colt Diesel yang di donasikan untuk SMK adalah varian FE 73 HD, yang digunakan sebagai media pembelajaran praktik para siswa SMK.

SMK Muhammadiyah Tumijajar akan menjadi SMK mitra baru KTB yang masuk dalam program FUSO Vocational Education Program (F-VEP).

"Ini merupakan program kegiatan sosial di bidang pendidikan yang berkelanjutan, dimana setelah donasi unit truk ini, KTB bersama diler akan memberikan materi pembelajaran terkait mesin kendaraan serta pelatihan basic automobile yang bersertifikasi kepada guru dan murid," tulis KTB dalam siaran pers.

Kemampuan siswa yang telah mempelajari unit FE 73 HD akan diuji melalui kompetisi nasional untuk bersaing dengan SMK binaan Mitsubishi Fuso lainnya. Sebagai persiapan jelang kelulusan, KTB juga memberikan pelatihan soft skill terkait persiapan ke dunia kerja.

KTB telah memberikan pelatihan kepada 620 murid dan 65 guru SMK. Dengan bergabungnya SMK Muhammadiyah Tumijajar, saat ini terdapat 15 sekolah binaan Mitsubishi Fuso yang tergabung dalam program FUSO VEP.

Baca juga: Deretan armada niaga terbaru di Giicomvec 2020

Baca juga: Pertimbangan KTB Fuso belum jual truk listrik eCanter

Baca juga: New Triton dan L300, andalan MMKSI untuk Giicomvec 2020

 

Pewarta: A069
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020