Jakarta (ANTARA) - PT Honda Prospect Motor (HPM) beberapa waktu lalu menggelar uji kendara Honda Civic Hatcback RS, sedan sport yang dihadirkan Honda sebagai pengganti varian tipe E dan S.

Wartawan dari sejumlah media, termasuk Antara, berkesempatan menjajal Civic Hatcback beremblem RS (Sport Sailing) di pintu bagasinya ini dalam perjalanan Jakarta-Tangerang.

Baca juga: Honda Civic Hatcback RS hadir gantikan tipe E dan S

Diluncurkan pada awal Februari yang lalu, Honda Civic Hatcback RS ini memiliki beberapa penyegaran yang lebih sporty mulai dari aero kit baru pada bumper depan juga belakang dan side sill garnish pada bagian samping.

Namun, HPM tidak memberi perubahan pada mesin. Honda Civic Hatchback RS masih dibekali mesin 1,5L VTEC turbo yang hadir dengan Earth Dreams Technology.

Mesin ini menghasilkan tenaga 173 PS pada rpm 5.500 dan trosi maksimal 220 Nm pada putaran 1.700 sampai 5.500 rpm dan menjadi yang terbesar di kelasnya.

Seperti diketahui, Honda Civic Hatchback diluncurkan sebagai bagian dari keluarga model legendaris Honda Civic di Indonesia. Model Civic telah dipasarkan di Indonesia sejak tahun 1976 dan saat ini terdiri dari Honda Civic sedan, Honda Civic Hatchback dan Honda Civic Type R.
 
Dua model yang berfoto di depan Honda Civic Hatcback RS (Antara News/Chairul Rohman)


Selain tampilan luar yang lebih sporty, Civic Hatcback terbaru ini mendapat ubahan di sisi interior, lebih elegan dan mewah berkat jok kulit dengan aksen jahitan warna merah, yang juga diaplikasikan pada roda kemudi, tuas transmisi, konsol tengah, dan door lining.

Sementara New Auto Dimming Rear View Mirror tersedia untuk menghindari pantulan cahaya berlebih sehingga mendukung visibilitas pengendara yang lebih baik, ditambah dengan layar sentuh kapasitif 7 inci baru bagian sistem audio yang mendukung koneksi ponsel iOS maupun Android.

Pada saat test drive, HPM memberikan kebebasan kepada awak media untuk melakukan eksplorasi di jalan bebas hambatan namun dengan waktu yang sudah ditentukan.

Pada jalan bebas hambatan dalam kota, Antara langsung menancap gas untuk menguji seberapa performa sport HondaHonda Civic Hatcback RS. Hasilnya, cukup mengagumkan.

Meski dibawa dalam kecepatan di atas rata-rata, kaki-kaki dari mobil ini tetap rigid dan tidak limbung dalam kecepatan tinggi. Mobil ini masih tetap nyaman meski dikendarai dalam kecepatan 150 km/jam.

Mobil hactback premium ini memiliki perbedaan yang jelas dibanding yang lain, karena memiliki kombinasi yang baik dengan sistem peredaman sehingga memberikan kenyamanan bagi pengemudi dan juga penumpangnya.
 
Tampilan head unit dari Honda Civic Hatcback RS (Antara News/Chairul Rohman)


Kendati demikian, setiap produk pasti tidak seutuhnya sempurna. Sepertinya HPM harus membenahi sistem head unit yang terasa tidak sepadan dengan desain keseluruhan mobil ini yang elegan.

Head unit Civic Hatcback RS ini terlihat biasa-biasa saja. Terlebih jika pengguna ingin menyalakan pendingin, mobil mobil ini belum memberikan teknologi digital pada fitur itu, masih menggunakan tombol untuk menyalakan dan mematikan AC dan harus memutar untuk menaikkan dan menurunkan suhu udara.

Hal itu juga terlihat pada bagian mesin yang tidak menggunakan engine cover, sehingga terlihat kurang rapi.

New Honda Civic Hatchback RS sata ini tersedia dalam lima pilihan warna, yakni brilliant sporty blue metallic, modern steel metallic, rallye red, crystal black pearl dan platinum white pearl.

New Honda Civic Hatchback RS dijual dengan harga Rp499 juta (berdasarkan estimasi BBN 2020 Jakarta dan kepemilikan mobil pertama).

Baca juga: Civic Hatcback RS dipesan 92 unit, Honda optimistis raih target

Baca juga: Honda rilis Civic Hatchback RS, harganya Rp 499 juta

Baca juga: Honda tingkatkan performa suspensi dan rem Civic Type R 2020

Pewarta: KR-CHA
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2020