Jakarta (ANTARA) - Meski pasar kendaraan jenis sedan masih belum begitu menggairahkan di pasar otomotif di Indonesia, beberapa produsen otomotif masih tetap menyediakan kendaraan yang kini banyak digunakan oleh para eksekutif dengan berbagai keunggulan di ruang teknologi dan juga performa.

Seperti baru-baru ini yang dilakukan oleh pabrikan asal Inggris, yakni MG yang meluncurkan MG 5 GT pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 di JIEXPO, Kemayoran.

Tidak hanya MG 5 GT yang melanglang buana di pasar sedan, pemain lama dari pabrikan Jepang juga sudah meluncurkan kendaraan jenis sedan pada 2021, yakni Honda Civic RS yang menggantikan peran dari Civic RS Hatcback di pasar Indonesia.

Baca juga: Yamaha X-Ride bersolek dengan tiga warna baru

Baca juga: Honda dan GM akan kembangkan kendaraan listrik terjangkau


Desain
Berbicara desain MG 5 GT, kendaraan satu ini nampaknya menghadirkan desain yang begitu segar dengan paduan warna yang begitu mencolok. Hal itu terlihat dengan desain baru yang mereka sebut sebagai 3rd Generation MG Family Design Language yang begitu menonjol dari sisi eksterior dan interiornya.

Yang lebih menarik lagi adalah, MG menyebut kendaraan ini sebagai sedan 4-door coupé. Otomatis dapat langsung menghipnotis banyak para pengunjung dalam pameran IIMS Hybrid 2022 yang masih berlangsung hingga 10 April nanti.

Tidak hanya itu saja, mobil ini juga sudah menggunakan logo terbaru untuk merayakan hari jadi jenama tersebut yang mencapai 100 tahun berkiprah di dunia otomotif.

Untuk penantang terdekatnya, MG harus berhadapan dengan Honda Civic RS yang hadir dengan desain yang sporty dipadu dengan kesan yang mewah sehingga mobil ini juga banyak menarik hati para kaum muda yang energi dan juga up to date dengan perkembangan teknologi.
 
MG 5 GT yang meluncur di Indonesia (ANTARA/Ho)


Dimensi
Honda Civic RS ini menjadi generasi yang ke-11 dari keluarga Civic, mobil ini juga memiliki dimensi yang lebih panjang 30mm dari yang sebelumnya, pantas saja kalau HPM sebagai produsen Honda di Indonesia menyebut kendaraan ini lebih lapang 30 mm dari yang sebelumnya. Dimensi kendaraan untuk saat ini 4.678 mm P x 1.802 mm L x 1.415 mm T.

Sedangkan untuk penantang terbarunya, MG 5 GT memiliki dimensi Panjang (mm) 4.675, Lebar (mm) 1.842, Tinggi (mm) 1.473 dengan jarak Sumbu Roda (mm) mencapai 2.680.

Dalam hal ini, MG 5 GT masih terlihat unggul dalam hal dimensi lebar dan juga tinggi yang tidak begitu jauh dengan pesaingnya asal Jepang.

Eksterior
MG 5 GT hadir dengan balutan make up yang begitu mempesona, seperti sudah hadirnya LED Headlamp, Front Headlamp auto on-off, Electric Adjustable door mirror with side turn lamp, Folding Door Mirror, Daytime Running Light dan Rear Fog Lamp.

Mobil ini juga sudah menggunakan LED Tail Lamp, LED High Mount Stop Lamp, Rear Defogger serta Electric Sunroof yang menjadikan kendaraan ini semakin modern.

Sedangkan penantangnya dari perusahaan yang berlogo H itu menghadirkan desain grille yang khas yang sama dengan sebelum-sebelumnya, yakni penyematan grill yang minimalis yang terkesan menjadi lebih modern.

Grill depan dari kendaraan ini juga memiliki desain yang menyatu terhadap titik pencahayaan yang sudah menggunakan full LED dengan ditemani lampu daytime running LED dan lampu sein LED.

Seperti pada kendaraan-kendaraan lainnya, Honda Civic RS ini juga sudah memiliki spion lipat otomatis yang dipadukan dengan aero kit eksklusif RS. Untuk semakin mempertegas kesan yang sporty, Honda Civic RS ini ditopang velg berukuran 17 inci alloy black matte, antena shark fin, serta gagang pintu dengan aksen hitam.

Pada bagian samping, garis-garis yang tegas juga masih dipertahankan oleh Honda. Jika melirik ke bagian belakang, emblem RS pada Civic ini semakin dipertegas dengan adanya spoiler pada bagian belakang yang terkesan sangat sporty dan hadir dengan warna yang berbeda, yakni hitam.
 
Honda Civic RS Genersi ke-11 (ANTARA/Chairul Rohman)


Baca juga: Hyundai Creta vs All New Honda HR-V, siapa lebih unggul?

Interior
Menurut catatan yang dibagikan, MG 5 GT hadir dengan dua warna untuk urusan interior, yakni hitam dan juga paduan hitam dan merah yang dapat dipilih, material juga menggunakan kain dan juga yang tertinggi menggunakan bahan kulit.

Mobil ini juga sudah dipersenjatai dengan saku kursi, kursi pengemudi 6-arah yang dapat disesuaikan, kursi penumpang depan 4-arah yang juga dapat disesuaikan, sandaran tangan depan, kursi lipat belakang, multi function steering wheel, dan juga untuk menambah kenyamanan mobil ini sudah dilengkapi kluster instrumen digital 7 inci.

Selain itu, mobil ini sudah mengadopsi jendela listrik One Touch Up-Down di sisi pengemudi, peredupan kaca spion manual, sistem pendingin udara digital, ventilasi udara untuk penumpang belakang, push start button dan ada juga filter udara PM 2.5 serta penyematan cruise control di dalamnya.

Honda Civic RS memiliki fokus pada kenayamanan penumpang bagian belakang, hal itu terlihat berkat hadirnya penambahan wheelbase yang dialami oleh Honda Civic RS menjadi poin penting untuk para penumpang bagian belakang yang kini semakin bertambah lega.

Di bagian belakang, para penumpang juga tidak perlu khawatir ketika handphone sudah memasuki tahap low battery, karena sudah ada dua buah slot yang sudah disediakan serta ventilasi AC yang semakin memberikan kenyamanan.

Ketika kita memasuki pada bagian driver, terpampang jelas berbagai keindahan yang sudah disuguhkan oleh Honda, misal interactive TFT meter cluster dengan setting display custom yang memiliki ukuran sebesar 10,2 inci.

Pada fitur ini, para pengendara sudah melihat semua informasi melalui panel meter cluster seperti teknologi keselamatan dari Honda, yakni Honda Sensing, sistem navigasi, pengingat kursi belakang, hingga aktivitas lampu indikasi pada kendaraan semua akan terlihat di panel meter cluster tersebut.

Setelah itu, pada bagian samping terlihat adanya aksen honeycomb yang menggunakan bahan logam yang mengisi ruas dashboard yang berfungsi mengalirkan udara dari AC dan juga sebagai pemisah visual antara layar display audio 9 inci yang sudah support dengan apple carplay dan juga android auto.
 
Interior dari Honda Civic RS Generasi ke-11 (ANTARA/Chairul Rohman)


Sistem keselamatan
MG 5 GT hadir dengan membawa sistem keselamatan yang cukup lengkap seperti, FSF (Full Space Frame), EPB (Electronic Parking Brake), AVH (Auto Vehicle Hold), ABS (Anti-lock Braking System) & EBD (Electronic Brake-force Distribution), EBA (Electronic Brake Assist).

Mobil ini juga sudah dilengkapi dengan XDS (Electronic Differential System), TCS (Traction Control System), SCS (Stability Control System), HSA (Hill-start Assist System), ESS (Emergency Stop Signal), Follow Me Home Light, RDA (Rear Driver’s Assistance System), BSD (Blind Spot Detection), LCA (Lane Change Assist), RCTA (Rear Cross Traffic Alert), RCW (Rear Collision Warning), ISOFIX.

Lalu ada juga Speed Sensing Door Lock, Front Seat 3-point Seatbelt, Front Airbags, Side Airbags, Side Curtain Airbags, Rear View Camera, 360 omni directional camera
Rear Parking Sensor, Immobilizer safety key system, Spare Tire

Sedangkan Honda Civic RS menghadirkan sistem keselamatan yang mereka banggakan, yakni Honda Sensing yang meliputi collision mitigation brake system (CMBS), lane keeping assist system (LKAS), road departure mitigation system (RDM), adaptive cruise control, auto-high beam, serta lead car departure notification system (LCDN).

Honda juga sudah menyematkan enam buah airbags, teknologi pengereman ABS, EBD+BA, hill start assist, vehicle stability assist, rem parkir elektrik, dan sinyal berhenti darurat.

Mesin
Mobil yang memiliki DNA British ini hadir dengan mengusung mesin DOHC 4 Cylinder 16 Valve VTi - TECH 1.498 cc dengan tenaga yang dapat disalurkan mencapai 114ps pada rentang 6.000 rpm dan torsi maksimum mencapai 150 Nm pada rentang 4.500 rpm.

Sedangkan Honda Civic RS Generasi ke-11, masih menggunakan mesin yang sama dengan kode yang juga sama, yakni 4 silinder 1500 turbo. Tapi Honda mencatat ada kenaikan tenaga yang sebelumnya 173 ps kini meningkat menjadi 178 ps dengan torsi maksimum 240 Nm.

Tenaga itu disalurkan ke bagian roda penggerak depan dan Honda juga masih percaya untuk menggunakan transmisi CVT yang digunakan oleh Honda Civic RS.

Harga
MG 5 GT
-Model 1.5L Active Rp339,9 juta
-Model 1.5L Ignite Rp359,9 juta
-Model 1.5L Magnify Rp399,9 juta

Honda Civic RS
-Hoda CIVIC RS Rp567

Baca juga: Pemesanan tembus 5 ribu unit, All New HR-V inden hingga Agustus 2022

Baca juga: Honda bukukan pemesanan 401 unit selama tujuh hari IIMS

Baca juga: Melihat lebih dekat All New Honda BR-V dan Suzuki XL7 FF
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022