Pasuruan, Jawa Timur (ANTARA) - Dari Tosari, Pasuruan, Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia bersama para awak meda melanjutkan perjalanan menjelajahi Jawa Timur mengendarai empat mobil andalannya, Xpander Cross, Eclipse Cross, New Triton, dan mobil hybrid Outlander PHEV, dalam tiga hari pada 2-4 Februari.

Setelah mengendarai Xpander Cross matic, ANTARA dan tim diberikan kesempatan untuk menggunakan mobil Mitsubishi lainnya, yakni Eclipse Cross untuk perjalanan dari Pasuruan ke Jember.

Baca juga: Alasan Mitsubishi genjot mobil bertema "adventure" di Indonesia

Impresi pertama dari tampilan luar compact SUV ini tampak gagah dengan desain dinamis.

Eclipse Cross memiliki tampilan muka Dynamic Shield ditambah dengan desain Tailgate Window yang semakin menunjang penampilan modern dan adventurous.

Bertolak dari Gedoeng Woloe, Pasuruan, tim disambut dengan cuaca yang tidak bersahabat. Hujan turun dengan lebatnya dan menimbulkan banyak genangan air di jalan raya.

Baca juga: Tips berpetualang di alam bebas ala Denny Sumargo

Rute awal yang akan dilalui pun harus ditutup karena disebut tak dapat dilalui kendaraan bermotor apa pun, sehingga tim harus mengambil jalan lain yang juga sama-sama digenangi banjir.
 
Mobil Eclipse Cross menerjang banjir di perjalanan Pasuruan menuju Jember, Jawa Timur, Minggu (2/2/2020). (ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)

Jalan alternatif yang dilalui pun tak kalah menantang. Rombongan harus melewati jalanan yang kecil dan tergenang banjir cukup tinggi.

Banyaknya motor yang berlalu-lalang, ditambah dengan anak-anak yang bermain air juga memaksa pengendara selalu waspada.

Eclipse Cross dengan badan yang tinggi dan gagah dengan mudah melibas banjir dan hujan lebat.

Selain itu, mobil ini dilengkapi dengan FCM (Forward Collision Mitigation System) yang mampu mendeteksi kendaraan lain serta pejalan kaki melalui kamera dan radar laser, sehingga dapat mencegah terjadinya tabrakan depan.
 
Mobil Eclipse Cross menerjang banjir di perjalanan Pasuruan menuju Jember, Jawa Timur, Minggu (2/2/2020). (ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)

Dari jalanan nan kecil dan tergenang, ANTARA dan tim akhirnya tiba di tol yang akan menghubungkan jalan hingga exit tol Probolinggo, sebelum nantinya berlanjut ke Jember.

Hujan lebat masih menemani perjalanan. Kendati kali ini melewati jalan tol yang luas dan tak terdampak banjir, hujan yang begitu deras cukup mengganggu jarak pandang pengendara, sehingga harus tetap waspada.

Untungnya EclipseEclipse Cross memiliki headlamp LED dan fog lamp yang mengoptimalkan visibilitas saat melakukan perjalanan.
 
Mobil Eclipse Cross menerjang banjir di perjalanan Pasuruan menuju Jember, Jawa Timur, Minggu (2/2/2020). (ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)

Terdapat pula Head Up Display yang memberikan informasi kecepatan, RPM, serta advance feature jika diaktifkan, dan terletak di atas Multi Information Display (MID) agar mudah dilihat oleh pengemudi.

Dari sisi dapur pacu, Eclipe Cross menggunakan mesin bensin 1.5 L Turbocharged menjadikan lebih bertenaga dan akselerasi yang lebih cepat.

Performa responsif juga didukung oleh direct fuel injection, integrated exhaust manifold cylinder head, sodium-filled exhaust valve, MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve Timing Electronic Control System) dan berbagai fitur lainnya.

Performa Eclipse Cross juga didukung efisiensi bahan bakar dengan teknologi INVECS-III CVT yang juga membuat akselerasi terasa lebih nyaman.

Kenyamanan pun dirasakan ketika berada di kursi belakang penumpang. Di bagian belakang, ruang untuk kaki bisa terbilang cukup lapang sehingga nyaman untuk perjalanan panjang, di jalan tol maupun jalan biasa.
 
Mobil Eclipse Cross di perjalanan Pasuruan menuju Jember, Jawa Timur, Minggu (2/2/2020). (ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)

Ditambah dengan Touchpad Controller yang memudahkan pengemudi untuk mengatur Smartphone-Link Display Audio lewat sentuhan jari pada Touchpad disamping tuas transmisi, juga semakin menambah hiburan bagi penumpang.

Selain itu, Eclipse Cross memiliki Power Panoramic Sunroof dengan double sunroof yang dapat terbuka keluar menjadikannya semakin stylish dan memberikan kesan kabin lebih luas.

Penggunaan sunroof dapat dioperasikan secara terpisah oleh pengemudi dan penumpang tergantung dari kebutuhan. Sayangnya, ANTARA tidak dapat mencoba fitur ini karena cuaca tak kunjung cerah.

Dalam hal keamanan, mobil ini telah dilengkapi dengan “Advance Safety Feature” seperti tujuh SRS airbag untuk melindungi pengemudi dan penumpang saat terjadinya tabrakan.

Baca juga: Menjajal ketangguhan Xpander Cross di penanjakan Bromo

Baca juga: Mobil PHEV masuk duluan di Indonesia, ini kata MMKSI

Pewarta: A087
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2020