Jakarta (ANTARA) - PT Astra Honda Motor (AHM) pada Selasa mengenalkan CRF1100L Africa Twin Adventure Sports dengan banderol Rp559,9 juta untuk tipe manual dan Rp599,9 juta untuk tipe DCT, berstatus on the road Jakarta.

Honda Twin CRF1100L Africa Twin Adventure dibekali mesin baru berkapasitas 1.084cc 4 stroke SOHC dengan konfigurasi parallel twin-cylinder, berpendingin cairan, yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 75 kW pada rentang 7500 rpm dan torsi puncak 105 Nm pada 6.000 rpm.

Dalam acara peluncuran, President Director AHM Toshiyuki Inuma mengungkapkan, kehadiran Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports merupakan jawaban bagi petualang sejati yang gemar berkendara jarak jauh dengan melintasi kondisi jalan yang beragam.

"Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports hadir untuk memberikan pengalaman yang luar biasa dan menyenangkan dalam menaklukan tantangan di berbagai medan dengan daya jelajah yang jauh," ungkap Inuma di Jakarta, Selasa Sore.

AHM memperkuat motor adventure itu dengan fitur lengkap dan canggih di kelasnya, seperti sensor Inertial Measurement Unit (IMU) yang berfungsi untuk mendeteksi posisi sepeda motor dalam 6 poros dan dapat terhubung pada fitur lain seperti ECU dan ABS sehingga sepeda motor dapat menyesuaikan kondisi medan yang dilalui.

Motor itu mengaplikasikan 4+2 riding mode, di mana pengendara dapat memilih mode yang sesuai dengan jalanan yang dihadapi yaitu mode tour, urban, gravel dan off-road.

Sementara itu, untuk dua riding mode tambahan merupakan pilihan mode yang dapat diatur sendiri oleh pengendara.

Baca juga: Honda CRF150L ekspornya naik 30 persen

Baca juga: AHM hadirkan varian baru Honda CRF150L


Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports memiliki desain jok dan tangki bensin yang ramping dengan kapasitas 24,8 liter sehingga pengendara tidak perlu khawatir kekurangan bahan bakar.

Sasis Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports mendukung tiga sektor utama, yakni performa saat off-road, kenyamanan saat turing, dan kelincahan ketika berkendara harian.

Hadir pula windscreen yang dapat disesuaikan dengan lima tingkat ketinggian membuat sensasi berkendara semakin nyaman.

Motor ini juga sudah dilengkapi dengan fitur Honda Selectable Torque Control (HSTC) sistem yang menawarkan tujuh tahap kontrol (mode), yang memungkinkan pengendara menonaktifkan ABS roda belakang dan mendapat sensasi berkendara sesuai yang diinginkan.

Untuk informasi, motor ini memiliki fitur canggih lainnya yang dapat mendukung pengendara dalam melakukan turing jarak jauh. Full digital panel meter yang merupakan layar sentuh TFT dengan besar 6,5 inch menampilkan informasi yang lengkap seperti riding mode, temperatur udara, kecepatan, dan banyak informasi lain yang dapat diatur sendiri oleh pengendara.

Selain itu fitur ini juga didukung oleh Apple Car Play dan koneksi bluetooth. Tersematnya fitur cruise control pada model ini turut memberikan rasa nyaman bagi pengendara saat menikmati perjalanan.

CRF1100L Africa Twin Adventure Sports hadir dalam dua tipe, pada tipe DCT terdapat dua mode, yaitu Mode D menawarkan keseimbangan terbaik antara konsumsi bahan bakar dan kenyamanan berkendara.

Sementara mode S memberikan tambahan performa sport. Ada juga "G switch” untuk fluktuasi lebih bertenaga pada RPM rendah saat melewati medan off-road.

Baca juga: Honda CRF150L modifikasi siap jelajahi Yogyakarta

Baca juga: Repsol Honda resmi kenalkan duo Marquez sebagai pebalap di MotoGP 2020

Baca juga: Honda Rebel "facelift" sapa konsumen Indonesia

Pewarta: KR-CHA
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020