Jakarta (ANTARA) - Guangzhou Automobile Corp (GAC) yang menjadi mitra domestik Fiat Chrysler untuk menjual model Jeep di China, berkomentar mengenai keputusan perusahaan Italia-Amerika itu untuk bergabung dengan grup otomotif Prancis Peugeot.

Juru bicara GAC kepada Reuters melalui pesan teks, Kamis, mengatakan mereka menghormati Fiat Chrysler, sebagai perusahaan induk, untuk bergabung dengan Peugeot.

GAC yang menaungi merek-merek lokal China dengan bantuan platform Fiat Chrysler akan berusaha mendalami kerja sama dengan Fiat.

Usaha patungan antara GAC dan Fiat difokuskan untuk menjual kendaraan bermerek Jeep di China. Pada 2018 mereka menjual 125.181 kendaraan, turun 39 persen dari tahun sebelumnya.

Fiat-Peugeot sepakat menanamkan dana 50 miliar dolar AS untuk perusahaan yang dipusatkan di Belanda, sementara sahamnya akan didaftarkan di Paris, Milan dan New York.

Mereka juga berbagi kepemilikan seimbang 50:50, dan harus merumuskan strategi kerja untuk menjadi grup otomotif keempat terbesar setelah Volkswagen (Audi, Ducati, Bentley, Bugatti, Scania, Porsche), Aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi, dan Toyota.

Bos Peugeot Carlos Tavares akan menjabat sebagai CEO sedangkan pimpinan Fiat John Elkann akan menduduki posisi ketua perusahaan (chairman).

Baca juga: Fiat dan Peugeot merger, bakal jadi raksasa otomotif keempat dunia
 

Pewarta: A069
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2019