Jakarta (ANTARA News) - PT Nissan Motor Indonesia (NMI) menargetkan mobil terbaru mereka, New Serena, bisa mempertahankan catatan penjualan yang dicapai generasi pendahulunya, sebanyak 3.000-4.000 unit per tahun.

"Serena ini memang pemimpin pasar di segmennya, High MPV, dengan pangsa pasar sekira 30-40 persen," kata GM Strategi Pemasaran dan Perencanaan Produk NMI Budi Nur Mukmin di sela-sela peluncuran New Serena di Pondok Indah, Jakarta, Jumat.

Budi memaparkan, tipe 2.0 Highway Star, yang berharga Rp409 juta, ditengarai bakal tetap memimpin kontribusi penjualan New Serena dengan raupan sekira 60 persen total penjualan.

Tipe termurah yang berbanderol Rp364 juta --2.0X-- diperkirakan akan menyumbangkan 10 persen penjualan, sedangkan 30 persen sisanya untuk tipe termahal  2.0 Autech dihargai Rp441 juta.

Postur kontribusi serupa, lanjut Budi, sebetulnya bukan hal baru bagi mobil segmen High MPV ini.

"Kalau di segmen High MPV itu pelanggan biasanya lebih mengejar ke tipe yang menengah ke atas," kata Budi.

Serena adalah model yang memang masuk ke Indonesia dengan bermodalkan status pemimpin segmen High MPV di Jepang, dengan penjualan sekitar 80 ribu unit per tahun.

Di Indonesia sendiri, sejak masuk 1996, Serena muncul menjadi pemimpin pasar segmen High MPV pada 2007 dan terakhir kali meluncurkan generasi terbaru pada 2013 yang hingga kini telah terjual lebih dari 25 ribu unit.


Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015