Jakarta (ANTARA News) - Pelaksanaan Toyota Eco Youth kesembilan tahun 2014 mengusung konsep Green Geoneration dengan menitikberatkan pada pemecahan masalah lingkungan di dalam dan sekitar sekolah.

"Acara ini penting bagi siswa untuk menciptakan, mendiskusikan, dan berbagai ide-ide mengenai pelestarian lingkungan," kata General Manager Corporate Planning and Public Relation PT Toyota Astra Motor Widyawati di JI Expo, Jakarta, Selasa.

Dia menjelaskan konsep Green Geoneration adalah mewujudkan generasi muda peduli lingkungan, dengan menghasilkan produk dan prilaku yang bersangkutan.

Untuk produk menurut dia, diharapkan memunculkan produk ilmiah yang dapat memiliki dampak terhadap perbaikan kualitas lingkungan sekolah dan komunitas sekitar.

"Dari sisi prilaku, kampanye/ gerakan yang mengajak komunitas berperilaku berdampak positif bagi lingkungan," ujarnya.

Widyawati menjelaskan Toyota Eco Youth ke-9 tahun ini melakukan berbagai peningkatan agar kualitas dan prestise lomba semakin meningkat.

Widyawati mencontohkan peningkatan itu seperti memperluas wilayah sosialisasi, keragaman aktivitas, peningkatan penilaian, dan penghargaan yang diberikan kepada peserta.

"Misalnya keragaman aktivitas lomba, saat ini lomba tidak hanya berupa proyek lingkungan namun penambahan kontes musik, kontes blog, kontes foto, dan kontes video untuk memperkuat keterlibatan siswa terhadap proyek berbasis ilmu pengetahuan lingkungan," ujarnya.

Menurut dia, sosialisasi TEY ke-9 diperluas dibandingkan tahun lalu, dari lima kota menjadi 10 kota seperti Jakarta, Makassar, Surabaya, Yogyakarta, Meda, Bandung, Semarang, Denpasar, Balikpapan, dan Manado.

Selain itu menurut dia, pemenang lomba tidak hanya mendapatkan bantuan dana pengembangan project namun mendapatkan kesempatan mengikuti pelatihan singkat tentang lingkungan di Jepang.
Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014