Jakarta (ANTARA) - PT Garuda Mataram Motor (GMM), Agen Pemegang Merek Audi dan Volkswagen (VW) di Indonesia akan meluncurkan dua sport utility vehicle (SUV) asal Jerman dalam pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada Juli 2019.

Chief Operating Officer PT Garuda Mataram Motor, Jonas Chendana, mengatakan dua produk itu adalah Allspace -- generasi kedua VW Tiguan -- dan Audi Q8.

"Kami akan memperkenalkan SUV terbaru lansiran Audi, yaitu Q8 serta SUV keluarga 7-penumpang milik VW yaitu Tiguan Allspace di pasar Indonesia," kata Jonas Chendana kepada wartawan, Kamis (23/5) malam.

Jonas mengatakan, pihaknya memilih kedua produk itu karena kendaraan jenis SUV merupakan salah satu pilihan utama konsumen otomotif Tanah Air, berkat teknologi modern serta ketangguhannya untuk melibas berbagai kondisi jalanan di Tanah Air.

"Keduanya akan mulai dipasarkan pada semester kedua tahun 2019," tambahnya.

Audi Q8

Audi Q8 merupakan jenis SUV premium 4-pintu dengan bodi yang besar dengan panjang 4,99 meter, lebar 2 meter dan tinggi 1,71 meter. Dimensi itu membuat Q8 menjadi kian panjang namun lebih pendek jika dibandingkan dengan Audi Q7.

Tampilan wajah Q8 terlihat berotot dengan bentuk grille yang menonjol dilengkapi spoiler dan lubang udara besar.

Model ini menggunakan sistem penggerak empat roda yang mampu mengalirkan tenaga ke empat rodanya melalui differential tengah yang mendistribusikan tenaga 40:60 ke sumbu roda depan dan belakang.

Sistem kendali MMI Q8 dapat diakses melalui dua layar utama di tengah dashboard. Pertama adalah layar utama 10,1 inci untuk kendali hiburan dan navigasi, dan kedua adalah layar 8,6 inci di bawah layar utama guna mengatur AC dan fitur kenyamanan lainnya.

Di balik lingkar kemudi terdapat Audi virtual cockpit berupa layar sebesar 12,3 inci yang menjadi pusat informasi pengemudi.

Audi Q8 menggunakan mesin V6 bensin 3.000cc yang dapat menghasilkan tenaga puncak 340 hp dan torsi hingga 500 Nm. Berpadu transmisi otomatis 8-speed Tiptronic, SUV ini dapat berakselerasi 0 – 100 km/jam dalam 5,9 detik sebelum mencapai kecepatan puncak 250 km/jam.

VW Tiguan Allspace

VW memperkenalkan Tiguan Allspace untuk pasar Tanah Air guna menyasar konsumen dengan karakter petualang yang gemar melakukan perjalanan bersama keluarga, baik di dalam kota hingga ke pelosok.

Sesuai namanya, Allspace, mobil pesaing BMW X3 itu menawarkan dimensi lebih besar, dengan jarak sumbu roda 77 mm lebih panjang dibanding generasi sebelumnya. Mobil ini juga menyediakan bangku baris ketiga sehingga dapat memuat tujuh penumpang.

Kapasitas bagasi saat seluruh bangku ditegakkan adalah 230 liter, namun saat bangku baris ketiga dilipat, kapasitasnya mencapai 700 liter, dan saat kedua baris bangku belakang terlipat, kapasitas terdongkrak menjadi 1.775 liter.

VW Tiguan Allspace mengusung mesin 1.4 TSI yang menghasilkan tenaga puncak 150 bhp dan torsi 250 Nm dengan transmisi otomatis 6-speed kopling ganda (DSG) plus triptonic. Dapur pacu itu memberikan kemampuan akselerasi 0 – 100 km/jam dalam waktu 9,5 detik dan kecepatan puncak hingga 202 km/jam.

Baca juga: GIIAS 2019 tawarkan program baru

Baca juga: Ingin dongkrak penjualan otomotif, GIIAS 2019 bakal hadir lebih awal

 

Pewarta:
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2019