Tangerang (ANTARA) -
PT Garuda Mataram Motor (GMM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) Volkswagen di Indonesia memperkenalkan dua model unggulannya, yaitu The New Golf GTI dan The All-New Tiguan Allspace di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023.
 
Kepala Penjualan PT GMM Badawi Marhasan ditemui di Tangerang, Kamis, mengatakan perkenalan hot-hatchback dan SUV 7-seater itu menunjukkan komitmen VW untuk terus menyuguhkan pilihan mobil berkualitas di Tanah Air.

“Golf GTI adalah salah satu legenda hatchback berperforma tinggi di dunia, dan kini kami bawa kembali di Indonesia untuk memuaskan keinginan para pencinta mobil,” ujar Badawi.

The New Golf GTI

Badawi menjelaskan desain eksterior Golf GTI baru mewujudkan perhatian terhadap detail. Garis merah pada grill membentang di kisi-kisi kendaraan, di kedua sisi logo Volkswagen.

GTI hadir dengan lampu depan dan belakang LED, Daytime Running Lights (DRL) dan lima LED menarik di setiap sisi bumper depan yang menciptakan lampu kabut berbentuk X dengan fitur Active Cornering Lights yang terintegrasi.

Empat rodanya menggunakan velg alloy Richmond 18 inci dengan caliper rem cakram berwarna merah.

Di balik kap mesinnya, The New Golf GTI mengusung mesin 2.0 TSI turbocharger yang mampu menghasilkan tenaga puncak hingga 245 bhp dan torsi maksimal 370 Nm. Dipadukan bersama transmisi DSG 7-speed dengan kopling ganda, The New Golf GTI mampu berakselerasi 0 – 100 kilometer/jam dalam 6,3 detik, sementara kecepatan maksimumnya dibatasi hingga 250 kilometer/jam.

Untuk mendukung performa selama berkendara, The New Golf GTI memiliki sistem Vehicle Dynamic Manager yang memungkinkan pengendara memilih mode pengendaraan yang tersedia sesuai kebutuhan, bahkan dapat dipersonalisasi sesuai dengan keinginan pengemudi. Konsumsi bahan bakar diklaim mencapai kisaran 7 liter/100 kilometer atau sekitar 14,3 kilometer/liter.

Sebagai sebuah hatchback, ruang kabin yang leluasa dan praktis masih menjadi prioritas bagi pengguna. Ruang bagasi berkapasitas 374 liter pada The New Golf GTI dapat mengakomodasi peralatan olahraga.

Mobil itu juga telah dilengkapi dengan ESC (Electronic Stability Control), Post Collision Braking System, yang akan mengurangi resiko kendaraan mengalami tabrakan selanjutnya, EDL (Electronic Differential Lock) dan ASR (Traction Control), untuk meningkatkan traksi dan mengurangi gejala understeer serta tujuh buah airbag.

Di Indonesia, All-New Golf GTI tersedia dalam lima pilihan warna, yaitu: Kings red, Moonstone grey, deep black, Oryx white dan Atlantic blue.
 
 
The All-New Tiguan Allspace di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Tangerang, pada Kamis (10/8/2023). (ANTARA/Adimas Raditya)
 
The All-New Tiguan Allspace
 
Selain The New Golf GTI, penyegaran atau facelift juga disematkan pada SUV 7-seater premium The All-New Tiguan Allspace.
 
“Apa yang New Tiguan Allspace tawarkan saat ini adalah keunggulan di semua sisi, dengan lebih banyak ruang, performa lebih tinggi serta nilai yang lebih baik di segmen premium,” ujar Badawi.

Penyegaran VW Tiguan Allspace generasi kedua itu menawarkan desain yang semakin modern dengan dimensi yang lebih besar untuk memberikan akomodasi lebih baik untuk seluruh keluarga dengan gaya hidup aktif. Tampilan The All-New Tiguan Allspace kini semakin sporty dengan perubahan grill dan bumper depan, serta desain lampu depan yang kini lebih tajam.

Kombinasi tampilan lampu belakang berubah dengan lampu sein dinamis, sementara bumper belakang mendapatkan bentuk diffuser baru yang kini lebih besar. VW menggunakan velg alloy Frankfurt dengan ukuran 18 inci pada keempat roda The All-New Tiguan Allspace.
 
The All-New Tiguan Allspace kali ini mendapatkan perubahan dimensi dengan 27 milimeter lebih panjang, 20 milimeter lebih lebar, 12 mm lebih tinggi dan wheelbase yang bertambah 1 milimeter.

Bangku baris kedua dan ketiga menawarkan fleksibilitas pelipatan bangku yang membuat ruang kabin Tiguan Allspace begitu dinamis. Kapasitas bagasi dalam kondisi seluruh bangku ditegakkan mencapai 230 liter, sementara saat bangku baris ketiga dilipat, kapasitasnya mencapai 700 liter, dan saat kedua baris bangku belakang terlipat, kapasitas terdongkrak menjadi 1.775 liter.

The All-New Tiguan Allspace Volkswagen mengusung mesin 1.4 TSI yang mampu menghasilkan tenaga puncak 150 bhp dan torsi 250 Nm dengan transmisi otomatis DSG 6-speed dengan kopling ganda plus triptonic. Dapur pacu itu memberikan kemampuan berakselerasi 0 – 100 kilometer/jam dalam waktu 9,5 detik , dan kecepatan puncak hingga 202 kilometer/jam.

Untuk menjamin keselamatan, sederet fitur keselamatan modern telah disematkan pada The All-New Tiguan Allspace, antara lain kamera 360 derajat “Area View”, Electronic Stability Control (ESC), Park Assist System, enam buah airbag, Tire Pressure Monitoring, Electronic Parking Brake dengan Autohold dan ISOFIX untuk penggunaan tempat duduk anak yang aman di Tiguan Allspace.

Salah satu fitur keselamatan unik yang dimiliki oleh Tiguan Allspace adalah Automatic Post Collision Brake System. Dengan input sensor dari airbag, Automatic Post Collision Braking System akan bekerja untuk menghindari akibat benturan agar tidak semakin parah.

Secara otomatis fitur itu akan memulai pengereman setelah kendaraan mengalami tabrakan dan mempercepat pengereman untuk meminimalkan benturan yang mungkin terjadi selanjutnya.

Di Indonesia, The All-New Tiguan Allspace tersedia dalam lima pilihan warna, yaitu Deep black, Atlantic blue, Oryx white, Pyrite silver dan Platinum grey. Mobil itu dibanderol Rp854.000.000 (on-the-road Jabodetabek) dengan jaminan layanan gratis lima tahun dan garansi 2 tahun + 2 tahun.


Baca juga: Volkswagen tawarkan uji coba armada VW ID. Buzz otonom di Jerman

Baca juga: Grup Volkswagen luncurkan 1 juta mobil listrik berbasis platform MEB

Baca juga: Nissan luncurkan Serena e-Power di GIIAS 2023

Baca juga: Toyota meluncurkan Alphard Hybrid di GIIAS 2023
Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023