Jakarta (ANTARA News) - Infiniti berencana menghadirkan kendaraan hybrid dan listrik untuk seluruh lini produknya mulai tahun 2025 guna menggaet konsumen dari kalangan muda atau milenial.

Presiden baru Infiniti, Christian Meunier, mengatakan langkah itu diambil agar bisa bersaing dengan pabrikan utama di segmen mobil mewah, terutama merek-merek asal Jerman.

"Infiniti, karena banyak alasan, telah mencari jalan selama bertahun-tahun dan mencoba melakukan banyak hal untuk bersaing langsung dengan semuanya -- seluruh merek premium, termasuk dari Jerman," kata pimpinan kelahiran Paris itu, dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg, Sabtu (19/1).

Sedan Infiniti Q60 dan Q70 memang berjuang untuk merebut hari pelanggan, bersaing dengan merek-merek besar antara lain BMW, Mercedes, dan Porsche yang memiliki penjualan lebih baik ketimbang Infiniti.

Pakar otomotif dari Cox Automotive, Charles Chesbrough, mengatakan bahwa Infiniti memang mampu merebut kepercayaan konsumen. Ia mengatakan, ketika konsumen diberi pilihan antara mobil mewah bekas atau Infiniti, konsumen justru lebih memilih mobil bekas.

"Mobil bekas menarik minat beberapa konsumen yang berpotensi membeli kendaraan baru," kata Chesbrough di Detroit, menambahkan, "konsumen ingin berhemat dan mereka ingin mendapatkan produk yang benar-benar mereka inginkan."

Di sisi lain, Meunier menyatakan bahwa Infiniti tidak mengincar posisi sebagai pemain utama, melainkan hanya sebagai pesaing.

"Kami tidak ingin menjadi merek nomor 1, kami ingin menjadi merek yang menantang nomor 1," katanya. 

"Kami tidak bisa menjadi mobil untuk semua orang. Kami tidak membutuhkan 50 model yang berbeda seperti pabrikan Jerman. Kami cuma membutuhkan satu yang bisa memberikan keunggulan di pasar," katanya.

Meunier pun memastikan bahwa mobil listrik merupakan langkah yang tepat untuk Infiniti, yang telah membuat sejumlah mobil konsep, termasuk Prototype 10 dan QX yang dipamerkan di macet di Detroit. 
Namun upaya Infiniti tidak akan mudah karena persaingan yang ketat di segmen itu dengan hadirnya Tesla (Model S dan Model X), Audi (E-Tron), Jaguar (I-Pace) dan Porsche (Taycan).

Baca juga: Infiniti Motor umumkan presiden barunya

Baca juga: Infiniti ungkap crossover listrik di NAIAS bulan depan

Baca juga: Infiniti pamer desain mobil listrik Prototype 10

Baca juga: Nissan tunjukkan revolusi mesin bensin lewat Infiniti QX50
Penerjemah: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2019