Jakarta (ANTARA) - Pabrikan otomotif Infiniti dikabarkan akan menarik kembali (recall) kendaraan QX60 akibat adanya masalah pada lampu bagian depan yang tidak bekerja dengan baik, seperti yang dilaporkan oleh National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA).

CarsCoops melaporkan bahwa masalah ini setidaknya akan memengaruhi 20.051 kendaraan QX60 dari model tahun 2022-2024. Kasus ini dikarenakan adanya sudut kemiringan dari Sistem Lampu Depan Adaptif secara tidak sengaja salah dimasukkan, menyebabkannya kembali ke sudut paling bawah dalam kondisi tertentu.

Baca juga: Penjualan melemah, Infiniti Q60 di ujung tanduk

Kasus ini pertama kali ditemukan pada Desember 2022, saat mereka menerima keluhan dari pelanggannya. Setelah adanya laporan tersebut, Infiniti memulai penyelidikan dan menemukan bahwa kesalahan terjadi pada pemrograman yang terdapat di Modul Distribusi Daya Cerdas (IPDM).

Kejadian ini terlihat ketika pengendara melaju kendaraannya dengan kecepatan 130 km/h, IPDM akan mengalihkan sistem leveling lampu depan ke mode jalan raya.

Untungnya, jika pengendara mengurangi kecepatannya hingga kurang dari 81 mph (130 km/jam), atau pengemudi beralih ke mode lampu depan, bukan mode otomatis, masalahnya akan teratasi dengan sendirinya.

Baca juga: SUV INFINITI QX55 bermesin turbo beredar tahun depan

Namun, mengingat adanya bahaya penurunan bidang pandang kendaraan yang melaju kencang secara tiba-tiba, Infiniti meluncurkan kampanye penarikan kembali untuk mengatasi masalah tersebut.

Produsen mobil berencana untuk mulai menghubungi pemilik pada 12 Januari, dan mereka akan diundang untuk mengembalikan kendaraan mereka ke dealer, di mana teknisi akan mengonfigurasi ulang pengaturan IPDM ke nilai yang benar tanpa biaya.

Baca juga: Infiniti bakal stop produksi Q30 dan QX30 di Eropa

Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023