JAKARTA (ANTARA News) - Pioneer Indonesia mengawali tahun 2019 dengan membuat gebrakan, yakni meluncurkan head-unit Pioneer AVH-A215BT yang diklaim bertabur fitur baru.

Produk Manager Pioneer Indonesia, Adi Wijaya, di Jakarta, Rabu, mengatakan Head-unit terbaru ini merupakan keluarga baru di seri A-Series yang akan mendampingi AVH-A205 yang sebelumnya pernah diluncurkan.

A-Series receivers terbaru diyakini akan memberikan nilai lebih besar dengan sejumlah fitur yang paling dicari-cari bagi para pengemudi mobil di Indonesia.

"Hadir dengan paket yang mudah digunakan dan penuh gaya. Fitur andalan A-Series receivers adalah Smartphone Connect, membantu para pengguna untuk mengendalikan ponsel pintar lewat layar receiver," kata Produk Manager Pioneer Indonesia, Adi Wijaya, di Hotel Santika Premier, Jakarta Pusat, Rabu.

Bedanya, Pioneer AVH-A215BT sudah dilengkapi fitur mirorring yang dapat menghubungkan ponsel android ke receiver lewat kabel USB. Para pengguna bisa berinteraksi dengan aplikasi dan konten pada ponsel pintar mereka, melalui layar 6.2 inci.

Adi Wijaya menambahkan, Pioneer AVH-A215BT sudah dilengkapi fitur mirorring dengan kabel yang dapat terkoneksi di smartphone android.

"Hampir di semua smartphone android dapat terkoneksi di head unit kami yang baru. Jadi mirorring kami punya dua arah, bisa digunakan melalui touchscreen di head-unit dan dari smartphone juga bisa," tambahnya.

Ia juga menjelaskan, produk terbaru ini merupakan head-unit 2-Din yang sudah dilengkapi bluetooth yang bisa terhubung dengan tiga smartphone.

"Jadi kita sudah bisa mirroring dengan kabel bagi pengguna handphoe android, jadi mirroring kita dalam dua arah, yang kita maksudkan dengan dua arah itu, handphone kita masih tetap bisa digunakan dengan touchscreen di hp dan semua fungsi di handphone bisa di fungsikan bersamaan ketika sudah terhubung," jelasnya.

Ia juga menjelaskan, untuk A-Series ini memberikan pemasangan yang sangat mudah karena menggunakan ukuran yang universal. Untuk memperbarui versi android  terbaru, pihak Pioneer juga memberikan kemudahaan. 

"Untuk update android versi terbaru agar bisa support, bisa mengunduhnya di farmware kita di www.Pioneer.co.sg disana tersedia farmware untuk versi yang terbaru, hanya membutuhkan flashdisk yang kosong dan tidak terlalu besar dan untuk updatenya hanya membutuhkan waktu 5 menit, untuk unit harus dalam keadaan nyala," jelasnya.

Pioneer AVH-A215BT juga bisa terkoneksi dengan kamera parkir, membuat para pengemudi nyaman untuk melakukan parkir. Ada pula interface baru bagi pengguna yang hadir dengan deretan warna dan wallpapers yang bisa dipilih.

Namun sayangnya, head unit AVH-A215BT tersebut hanya terkoneksi untuk perangkat android saja. Untuk perangkat Apple seperti iPhone, Adi menyebut belum bisa terkoneksi.

"Hanya bisa terkoneksi di Android saja. Untuk perangkat Apple head-unit ini belum bisa mendukung," tambah Adi. 

Karena, kata Adi, android itu marketnya besar dibandingkan dengan iOS. Selain itu, head-unit ini juga berada di kelas menengah ke bawah. Jadi tak heran jika head unit tersebut dijual dengan harga Rp 3,5 juta

"Jadi kalau kami paksakan ke IOS mungkin kurang masuk," tegas Adi.

Kendati demikian, untuk  pengguna IOS masih bisa menggunakan produk dari Pioneer yang jenis lainnya yang sudah disediakan di seri lain.

"Kita punya produk yang sudah suport IOS itu ada di Z seri dan seri 9 dan 10 yang baru kita launchiung beberapa waktu yang lalu," tutupnya.

Pioneer AVH-A215BT sudah bisa didapatkan per hari ini diseluruh Indonesia, berikut Spesifikasi dari Pioneer AVH-A215BT.
- DIN Size : 2-DIN
- Display : 6.2"WVGA
- Preout : 3 (2)
- Playback : DVDICD/USE
- Video Format : MPEG 1,2,4, AVI, MOV, DivX
- Audio Format : MP3/WMA/ACC/WAV
- AUX Input (Mini-Jack): Rear
- USB Interface : Rear
- Control for iPod/ iPhone : Yes
- Direct Control for Certain Android Phones : Yes
- AppRadio Mode : No
- SD/SDHC Memory Card Slot : No
- Bluetooth : Yes
- MIXTRAX : No
- Dual Zone Audio/ Video : No
- Auto EQ : No
- Advanced Sound Retriever : No
- Time Alignment : Manual
- Password Security : No
- Back-Up Camera Ready : Yes

Baca juga: Pioneer pamerkan berbagai produk infotainment dalam mobil di ajang Bangkok Motor Show

Baca juga: Speaker dan Amplifier Terbaru Pioneer Janjikan Peningkatan Kualitas Suara dan Ketangguhan di Indonesia
Baca juga: Pioneer Luncurkan Perangkat Multimedia Terbaru untuk Pasar Indonesia

Pewarta: Chairul Rohman
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2019