Jakarta (ANTARA News) - Volkswagen berencana untuk meluncurkan stasiun pengisian daya cepat untuk mobil listrik, yang pada dasarnya merupakan versi besar dari bank daya (power bank) yang biasa digunakan pada telepon seluler.

Stasiun pengisian daya tersebut akan bersifat mobile (bergerak), tanpa perlu harus dicolokkan ke jaringan listrik, tetapi dapat menyimpan daya yang cukup untuk mengisi daya sebanyak 15 mobil listrik.

Dilansir Cnet, Rabu (2/1), stasiun pengisian daya mobile dirancang agar dapat dengan mudah digunakan di mana saja, tanpa harus menambahkan kabel tambahan untuk menghubungkannya ke jaringan. 

Volkswagen mengatakan dengan fleksibilitas tersebut, stasiun pengisian daya dapat ditempatkan di berbagai tempat, seperti di parkiran umum atau lokasi acara berskala besar seperti kegiatan olahraga.

Stasiun pengisian daya ini memiliki penyimpanan energi 360 kilowatt-jam dan dapat mengisi daya kendaraan secara cepat hingga 100 kilowatt (kW). Hal itu akan cocok dengan kehadiran kendaraan listrik Volkswagen I.D, yang akan memiliki kemampuan untuk mengisi daya pada 100 kW.

Stasiun pengisian daya cepat ini juga dapat dicolokkan ke jaringan listrik, dalam arti akan terus mengisi ulang sendiri. Pengisian ulang itu dapat dilakukan hanya pada waktu-waktu yang tidak sibuk atau hanya menggunakan energi yang diproduksi secara terbarukan, kata Volkswagen.

Ketika diisi, stasiun dapat mendukung pengisian daya hingga empat kendaraan sekaligus, dan akan mendukung sepeda listrik serta mobil. Menggunakan pengisian daya 100 kW DC yang disebutkan di atas, Volkwagen mengatakan mobil keluarga VW I.D dapat diisi hanya dalam 17 menit.

Keberadaan stasiun pengisian daya ini juga dimanfaatkan Volkswagen untuk memberikan masa pakai kedua pada paket baterai lithium-ion yang akan digunakan dalam VW I.D. 

Ketika paket baterai kehilangan terlalu banyak kapasitas untuk digunakan pada mobil, baterai dapat digunakan kembali untuk alternatif menyimpan energi di titik-titik stasiun pengisian daya mobile tersebut.

Pengisi daya akan diluncurkan di markas Volkswagen di Wolfsburg, Jerman, dalam program percontohan terbatas tahun ini, dengan produksi penuh unit yang akan dimulai pada tahun 2020.

Baca juga: Volkswagen bisa bikin 15 juta mobil listrik dalam beberapa tahun ke depan

Baca juga: Tesco dan Volkswagen kembangkan stasiun pengisian kendaraan listrik di Inggris

 

Penerjemah: Fathur Rochman
Copyright © ANTARA 2019