Jakarta (ANTARA News) - Ford Motor pada Jumat mengatakan akan melakukan penarikan kembali terhadap 874 ribu truk pickup dengan mesin blok pemanas di Amerika Utara terkait adanya risiko kebakaran.

Dilansir Reuters, Jumat, produsen mobil terbesar kedua di Amerika Serikat itu mengatakan bahwa penarikan yang dilakukan mencakup beberapa truk Ford F-150 tahun 2015-2019, bersama dengan Ford F-250 Super Duty Tahun 2017-2019, F-350 Super Duty, F-450 Super Duty, dan F-550 Super Duty truk pick-up.

Ford mengatakan risiko tersebut muncul lantaran adanya air dan kontaminan pada truk pickup yang dapat masuk ke dalam konektor sambungan kabel pemanas, sehingga menyebabkan korosi dan kerusakan yang berpotensi menimbulkan kebakaran. 

Baca juga: Ford tarik ratusan SUV lantaran baut pintu terlalu pendek

Baca juga: Ford tarik ratusan ribu F-150 karena masalah transmisi


Ford juga menyampaikan kepada regulator Amerika Serikat bahwa mereka mengetahui adanya laporan tentang tiga kebakaran di Kanada terkait dengan masalah ini, tetapi Ford tidak mengetahui adanya laporan kecelakaan atau cedera.

Penarikan ini mencakup 410 ribu kendaraan di Amerika Serikat dan sekitar 464 ribu kendaraan di Kanada. Diler Ford akan memeriksa dan menyegel kabel pemanas, atau menggantikannya jika perlu. Penarikan kembali akan dimulai awal bulan depan. 

Baca juga: Ford tarik 1,38 juta kendaraan gara-gara masalah baut kemudi

Baca juga: Ford tarik 2.900 Ranger karena masalah "airbag"


 

Penerjemah: Fathur Rochman
Copyright © ANTARA 2018