Paris (ANTARA News) - Tesla Motors mengatakan akan memulai pengiriman mobil listrik Model 3 untuk konsumen di Eropa pada Februari 2019.

Seorang juru bicara Tesla kepada AFP, Kamis (6/12), mengatakan pengiriman batch pertama ditujukan kepada pelanggan yang memesan Model 3 mulai Maret 2016 dan harus sudah mengkonfirmasi pesanan sebelum 1 Januari tahun depan.

Juru bicara itu mengatakan pelanggan akan diundang untuk mengkonfirmasi selama beberapa minggu mendatang, mulai Rabu (5/12).

Sedan empat pintu ukuran menengah itu pertama kali diluncurkan di AS pada Juli tahun lalu.

Pendiri Tesla yang kontroversial, Elon Musk, pada Oktober mendeskripsikan Model 3 sebagai "mobil terlaris di AS dalam hal pendapatan dan mobil terlaris kelima dalam hal volume."

Baca juga: Bedanya membeli mobil mewah dari APM dan importir umum

Pada saat ini, pelanggan Tesla di Eropa hanya memiliki dua opsi untuk Model 3.

Pertama adalah versi "long-range" yang bisa menjangkau jarak 544 kilometer dalam sekali pengisian daya listrik. Model itu dijual 60.000 euro (sekira Rp995,7 juta).

Sedangkan model kedua yang bisa dibeli konsumen Eropa adalah Tesla Model 3 dengan "dual-motor" seharga 70.000 euro (Rp1,1 miliar).

Tesla berjanji menyediakan mobil listrik dengan harga lebih terjangkau sekitar 35.000 dolar AS (Rp510 juta), demikian AFP.

Baca juga: Rivian R1T, mobil listrik bermodel truk pickup

Baca juga: Musk: Tesla mungkin tertarik garap van Sprinter bersama Mercy

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018