Jakarta (ANTARA News) - Pimpinan produsen mobil asal Jerman Volkswagen, BMW dan Daimler, telah memfinalisasi rencana untuk melakukan pertemuan di Gedung Putih terkait kebijakan perdagangan, yakni pada minggu depan, pejabat Jerman dan Amerika Serikat mengatakan pada Kamis (29/11).

Dilansir Reuters Jumat, seorang pejabat dari salah satu produsen mobil yang meminta untuk tidak disebutkan namanya, mengatakan bahwa pertemuan itu untuk sementara ditetapkan pada Selasa (4/12), dan akan dihadiri oleh Kepala Eksekutif Volkswageb Herbert Diess, CEO Daimler Dieter Zetsche dan pemimpin produksi BMW Oliver Zipse.

Presiden Donald Trump sangat kritis terhadap para produsen mobil Jerman terkait dengan apa yang dilihatnya sebagai ketidakseimbangan dalam perdagangan mobil yang dinilai tidak adil. 

Dia telah mengancam selama berbulan-bulan untuk mengenakan tarif atas kendaraan yang dirakit di Uni Eropa, sebuah langkah yang dapat mengubah model bisnis industri untuk menjual mobil di Amerika Serikat.

Namun, Trump masih menahan diri untuk melakukan hal tersebut, sementara Washington dan Brussels melakukan pembicaraan untuk memotong hambatan perdagangan lainnya.

Para CEO berencana untuk menjelaskan bahwa mereka tidak dapat bernegosiasi atas nama Uni Eropa, kata sumber pada pekan lalu yang mengetahui tentang masalah itu. 

Eksekutif Volkswagen yang baru di Amerika pada Rabu (28/11) mengatakan kepada wartawan bahwa perusahaan saat ini tengah mempertimbangkan lokasi untuk menempatkan pabrik baru di Amerika Utara guna memproduksi mobil listrik untuk pasar Amerika Serikat

Baca juga: Volkswagen berencana bangun pabrik kendaraan listrik di Amerika Utara

Sebelumnya pada Kamis (29/11), Trump berkicau di akun twitternya bahwa "perusahaan otomotif 'merapat' ke Amerika Serikat, termasuk BMW, yang baru saja mengumumkan pabrik besar baru di Amerika Serikat yang booming."

Sumber-sumber lain yang akrab dengan masalah itu seperti duta besar Amerika Serikat untuk Jerman Richard Grenell, telah mengatur pertemuan, tetapi tanggal pastinya masih dinegosiasikan. 

Sementara itu juru bicara untuk kedutaan Amerika Serikat di Berlin Christina Higgins, mengatakan bahwa 4 Desember merupakan tanggal yang disarankan oleh para produsen mobil Jerman, tetapi itu masih belum final. "Itu hanya saran pada titik ini," kata dia.

Grenell mengatakan kepada para pembuat mobil bahwa Perwakilan Perdagangan Amerika Serikat Robert Lighthizer dan Menteri Perdagangan Wilbur Ross akan menghadiri pertemuan tersebut. 

Masih belum diketahui apakah Grenell juga akan ambil bagian dalam pertemuan itu. 

Amerika Serikat saat ini memberlakukan tarif impor untuk mobil yang dirakit di Uni Eropa sebesar 2,5 persen, dibandingkan dengan 10 persen tarif untuk mobil buatan Amerika Serikat yang memasuki blok perdagangan Eropa.

Baca juga: Bos otomotif Jerman akan hadiri pertemuan di Gedung Putih
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2018