Mercedes-Benz hadirkan mobil fleksibel masa depan Vision Urbanetic

Selasa, 11 September 2018 14:26 WIB
Mercedes-Benz hadirkan mobil fleksibel masa depan Vision Urbanetic
Mercedes Benz Vision Urbanetic. (Mercedes Benz USA)
Jakarta (ANTARA News) - Pada Senin (10/9), Mercedes-Benz divisi kendaraan van memperkenalkan mobil berkonsep revolusioner bernama Vision Urbanetic. Mobil ini memiliki tujuan untuk menghilangkan batas antara mobil untuk aktivitas sehari-hari dan mobil pengangkut barang.

Hal ini mengakomodasi kebutuhan akan mobilitas manusia dan barang secara efisien dengan cara yang inovatif. Kemudian juga mengombinasikan kebutuhan pebisnis berbagai sektor, penduduk kota secara umum, dan juga para pelancong. 

Seperti dikutip dari situs resmi Mercedes-Benz, Senin, Vision Urbanetic dirancang untuk mengatasi tantangan perkotaan di masa depan dan menawarkan solusi inovatif. 

Mobil ini menggunakan konsep swakemudi bertenaga listrik yang badan mobilnya bisa diganti-ganti tergantung kebutuhan, untuk mengangkut orang atau barang. Proses pergantian badan mobil ini hanya memerlukan waktu beberapa menit saja.
 
Mercedes Benz Vision Urbanetic (Mercedes Benz USA)


Baca juga: Mercedes-Benz AS jual 20.339 kendaraan selama Agustus 2018

Tidak adanya pengemudi membuat desain interior pada mobil ini menjadi lebih luas. Keberadaan setir, pedal dan dasbor adalah hal-hal yang hanya ditemukan pada kendaraan masa lalu. 

Ruang kosong di bagian depan tersebut dapat digunakan untuk menambah penumpang atau jumlah volume barang. Vision Urbanetic bisa menampung hingga 12 penumpang. Sementara jika digunakan untuk barang, bisa menampung hingga 10 palet EPAL.

Tak hanya itu, konsep ini juga menggabungkan teknologi lain yang bisa menganalisa pasokan dan permintaan dalam area tertentu secara real time. 

Hasilnya, rute bisa direncanakan lebih fleksibel dan efisien berdasarkan kebutuhan. Semua itu membuat Vision Urbanetic menjadi peletak pertama untuk mobilitas kaum urban di masa depan. 

Mobil ini dapat mengoptimalkan proses dan membantu mempersingkat waktu tunggu dan pengiriman, serta menghindari kemacetan lalu lintas.
 
Mercedes Benz Vision Urbanetic (Mercedes Benz USA)


Baca juga: Mercedes siap serang Tesla dengan SUV listrik

Mercedes-Benz Van mengejar target ambisius dengan Vision Urbanetic-nya, membayangkan bisa mengangkut lebih banyak orang dan barang dengan kendaraan yang lebih sedikit pada infrastruktur jalan yang hampir tidak berubah.

Hal ini pada hasilnya akan memfasilitasi peningkatan kualitas kehidupan di perkotaan, dengan pergerakan masyarakatnya yang lebih fleksibel dan nyaman, transportasi barang yang efisien dan berkelanjutan, serta secara signifikan menurunkan kebisingan dan emisi polutan dalam rencana perkotaan.

Banyak orang masih melihat kendaraan swakemudi dengan tingkat skeptisisme tertentu. Untuk mengatasi hal ini, Vision Urbanetic mengadopsi pendekatan baru, terutama dengan badan penggeraknya.

Kendaraan ini menggunakan beberapa kamera dan sistem sensor untuk mengamati keadaan sekitar secara keseluruhan. Teknologi ini menggunakan layar berformat besar pada bagian depan mobil untuk menginformasikan berbagai hal, seperti misalnya pejalan kaki yang akan menyebarang.

Baca juga: Mobil Mercedes-Benz seri langka dicuri di dekat Nurburgring

Baca juga: Mercy Estate Wagon, mobil terakhir John Lennon akan dilelang

Penerjemah: Fathur Rochman

Editor: Ade P Marboen

COPYRIGHT © 2018

PT Astra Otoparts Tbk membukukan pendapatan bersih konsolidasi sebesar Rp7,42 triliun sepanjang semester pertama 2018, meningkat 14,6 persen dibandingkan ...
Pembuat mobil sport, Porsche, mengumumkan pada Minggu bahwa akan menjadi raksasa otomotif Jerman pertama yang meninggalkan penggunaan mesin diesel. Langkah ...
Badan Kejahatan Asuransi Nasional Amerika Serikat merilis laporan tahunan berupa daftar 10 kendaraan yang paling banyak dicuri di negara itu. Temuan-temuan ...
Pengadilan Thailand pada Jumat (21/9) memerintahkan Ford Motor Company membayar ganti rugi kepada 291 konsumen dengan nilai total 720.000 dolar AS (sekira Rp ...
Mobil adalah kendaran yang digandrungi pada saat ini, karena kenyamanan dan keunggulannya dibandingkan sepeda motor, sehingga banyak pengguna mobil rela ...