Alasan mengapa supercar perlu pelumas khusus

Rabu, 15 Agustus 2018 19:58 WIB
Alasan mengapa supercar perlu pelumas khusus
Ilustasi Supercar
Bekasi (ANTARA News) - Pergantian pelumas mesin mobil secara berkala sangat disarankan untuk menjaga mesin kendaraan, terutama yang berjenis premium hingga supercar.

Technical Manager Shell Indonesia, Showatuzakki yang biasa disapa Zaki, mengatakan mesin kendaraan premium atau supercar memerlukan pelumas khusus yang mampu mengoptimalkan kinerja mesin dalam suhu panas ekstrem dan memiliki kekentalan tertentu untuk mengurangi gesekan antar komponen.

Kinerja yang tinggi dari mobil berjenis supercar juga memerlukan pelumas yang memiliki aditif tertentu untuk menjaga kebersihan mesin.

"Berbeda halnya dengan mobil mewah kelas atas, Shell juga sudah mempersiapkan pelumas yang cocok untuk mobil kelas premium," ujar Zaki di Bekasi, Rabu.

Ia menjelaskan Shell memiliki oli Shell Helix Ultra berteknologi PurePlus yang memiliki kekentalan ganda untuk lingkungan berkendara sehari-hari sehingga cocok untuk tipe mesin kendaraan premium.

Di sisi lain, Zaki mengatakan waktu pergantian oli mobil tersebut biasanya tergantung rekomendasi dari pembuat mobil.

"Kalau untuk mobil mewah, kami sebenarnya menyerahkan kembali ke pembuat mesinnya untuk penggantian oli di setiap berapa kilometer. Tapi kalau produk Shell sudah mendukung untuk pelumasnya karena ada Shell Helix Ultra," ujar Zaki

Selain itu, ia juga menjelaskan terdapat perbedaan pelumas kendaraan biasa dengan kendaraan bertipe balap. Untuk mobil balap memerlukan pelumas yang lebih fit.

"Pemakaian pelumas untuk mobil balap itu tidak seperti mobil biasa pada umumnya, tentunya untuk pemakaian oli untuk mobil balap ini harus dalam keadaan yang benar-benar fit," ujar Zaki.

Zaki menambahkan pengembangan pelumas pada mobil balap dilakukan dengan cara berbeda dengan mobil pada umumnya, karena produsen oli terlebih dahulu melihat lintasan sirkuitnya.

"Karena disetiap ajang balap, sirkuit itu berbeda-beda, maka dari itu kami selalu melakukan pengembangan pada setiap ajang balap," katanya.

Baca juga: Pelumas Shell mendapat sertifikat SNI

Baca juga: Perlukah pelumas khusus untuk mesin berfitur turbo?

Baca juga: Shell hadirkan pelumas khusus mobil LCGC

Editor: Ida Nurcahyani

COPYRIGHT © 2018

PT Astra Otoparts Tbk membukukan pendapatan bersih konsolidasi sebesar Rp7,42 triliun sepanjang semester pertama 2018, meningkat 14,6 persen dibandingkan ...
Hyundai mencapai kesepakatan besar dengan perusahaan Swiss H2 Energy (H2E) untuk memasok truk ramah lingkungan berbahan bakar hidrogen (fuel cell vehicle) ...
Mobil adalah kendaran yang digandrungi pada saat ini, karena kenyamanan dan keunggulannya dibandingkan sepeda motor, sehingga banyak pengguna mobil rela ...
Kawasaki sedang menyiapkan motor petualang versi terbaru untuk 2019 nanti yaitu Versys 1000 yang diyakini akan kebih ramah lingkungan. Namun pernyataan ini ...