California (ANTARA News) - Fiat Chrysler Automobiles (FCA) akan menyediakan lebih dari 62.000 unit kendaraan swakemudi kepada perusahaan teknologi Alphabet Inc.

Puluhan ribu mobil swakemudi itu nantinya akan digunakan Waymo sebagai armada Robo Taxi yang akan mulai dikirimkan di Amerika Serikat pada akhir tahun ini.

"Kami senang memperdalam hubungan kami dengan FCA yang akan mendukung peluncuran layanan tanpa pengemudi dan mengeksplorasi produk masa depan yang mendukung misi Waymo," kata Chief Executive Officer Waymo John Krafcik dalam sebuah pernyataan dilansir Reuters, Jumat (1/6).

Baca juga: Waymo-Jaguar kerja sama buat mobil mewah swakemudi

Baca juga: Waymo klaim swakemudinya tak berpotensi kecelakaan seperti Uber


Perusahaan teknologi raksasa, pembuat mobil dan perusahaan rintisan yang mendapatkan dana investasi, termasuk Uber dan Tesla, tengah berupaya menjadi yang terdepan di pasar mobil swakemudi yang digadang-gadang akan menjadi teknologi mobilitas di masa depan.

Fiat Chrysler (FCA), yang sudah memiliki kemitraan dengan Waymo, akan menambah minivan Chrysler Pacifica Hybrid ke armada Waymo, kata
perusahaan itu.

Adapun proses distribusi mobil-mobil itu diharapkan bisa dimulai pada akhir 2018. Perusahaan juga menyatakan, tidak menutup kemungkinan jika mobil itu akan dijual kepada konsumen perorangan.

Unit swakemudi Alphabet mengatakan pada Maret lalu bahwa mereka akan menambah 20.000 unit mobil listrik dari Jaguar Land Rover.

Baca juga: Fiat tarik 4,8 juta mobil gara-gara "cruise control"
 

Pewarta:
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2018