Menjajal Datsun Cross dengan kondisi berkendara di Indonesia

Kamis, 8 Maret 2018 13:53 WIB
Menjajal Datsun Cross dengan kondisi berkendara  di Indonesia
Jajaran direksi Nissan Motor dan Datsun bersama pembalap wanita Rally Marlina berfoto menjelang uji coba perdana Datsun Cross di Karawang, Jawa Barat, Kamis. (ANTARA News/ Sella Panduarsa Gareta)

Karawang, Jawa Barat (ANTARA News) - Sebagai rangkaian dari peluncuran Datsun Cross di Indonesia, merek kendaraan milik Nissan Motor Co, Ltd ini mengundang awak media untuk melakukan uji coba pertama berkendara dengan mobil jenis compact cross-over ini di Bridgestone Proving Ground, Jawa Barat.

Uji coba dilakukan di trek yang dirancang menyerupai kondisi berkendara yang sesungguhnya di Indonesia, termasuk jalur lurus dan menikung, serta jalanan datar dan bergelombang.

Trek uji coba juga didesain untuk memberi kesempatan kepada pengemudi dan penumpang merasakan teknologi terkini pada Datsun Cross, serta kenyamanan dan kemudahan mengendarai mobil ini.

Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia, Eiichi Koito, mengatakan, Datsun dikenal memiliki DNA sebagai mobil compact yang kuat, tangguh dan menarik.

Generasi baru produknya, termasuk Datsun Cross, mewarisi DNA yang sama. Selain itu, mobil ini dikembangkan bagi generasi pelanggan baru yang mencari deretan teknologi dan fitur keselamatan yang modern, yang diperkenalkan dalam satu paket dalam tampilan yang stylist.

“Tujuan akhir dari kegiatan ini adalah menjelaskan dan menunjukkan manfaat teknologi dan fitur Datsun Cross bagi pelanggan Indonesia,” kata Koito di Purwakarta, Kamis.

Sistem keamanan VDC
Datsun Cross dilengkapi dengan sistem Vehicle Dynamic Control (VDC) dan kelincahan suspensi untuk membantu pengendara mengendalikan kendaraan sehingga berkendara menjadi lebih aman.

Bila mobil dalam keadaan over-steering, VDC membantu meningkatkan stabilitas dengan melakukan pengereman pada kedua roda bagian luar dalam momen yang telat, sehingga kendaraan kembali stabil.

Ketika kendaraan under-steering, VDC membantu meningkatkan kestabilan dengan mengerem bagian dalam roda belakang.

Kabin senyap
Datsun menambah sejumlah penyempurnaan pada bodi untuk meningkatkan kekuatan dan daya tahan kendaraan. 

Selain itu, pada kendaraan ini juga ditambahkan lebih banyak insulasi sehingga kabin menjadi tenang dan memberikan kesan rileks.

Pada uji coba perdana itu, terdapat tiga varian Datsun Cross automatic transmission yakni berwarna Amber, Ruby dan Copper.

Datsun CROSS menggunakan mesin bensin berkapasitas 1,2 liter, 68/78 hp dengan torsi 104 Nm, yang memberikan kinerja tingkat tinggi dan efisiensi dalam body yang ringan dan ringkas.

Rally Marina, pembalap wanita yang turut dalam uji kendara itu mengatakan, ia merasa percaya diri mengendarai Datsun Cross, karena memiliki berbagai teknologi keamanan aktif, yang juga cocok bagi pengendara wanita seperti dia.

“Kepercayaan diri bahwa saya dapat mengontrol mobil yang saya kendarai dan dapat membantu saya menghindari kecelakaan adalah faktor paling penting dalam memilih mobil,” ujarnya.

 

Uji coba pertama yang dilakukan awak media ini dilakukan setelah kemarin, Rabu (7/3) diumumkan bahwa Datsun mulai dijual di Indonesia. Pelanggan diundang untuk mengunjungi gerai Datsun terdekat untuk membuat janji uji coba.

Editor: Ade P Marboen

COPYRIGHT © 2018

Untuk pertama kalinya pada pameran GIIAS, tiga produk aftermarket berkolaborasi menjadi "Gold Sponsors" antara lain kaca film Llumar, kaca film CPF1 ...
Astra Honda Motor (AHM) menjual 1.000 unit sepeda motor pada pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, dengan Honda Forza menjadi ...
Dongfeng Motor Company Limited (DFL) bersama Nissan berencana merilis 20 mobil listrik di bawah naungan empat mereknya pada tahun 2022. DFL merupakan salah ...
Astra Honda Motor (AHM) belum sediakan aksesoris berupa jok tambahan untuk motor terbaru mereka Honda Super Cub C125.  "Saat ini belum ...
Infiniti, brand otomotif di bawah Nissan, mengungkap sebuah sketsa desain dari mobil konsep bertenaga listrik, Prototype 10, yang rencananya bakal ...