Jakarta (ANTARA News) - Distributor kendaraan niaga Mitsubishi Fuso di Indonesia, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors Indonesia (KTB), membidik untuk menularkan kesuksesan dominasi absolut segmen truk ringan sebesar 58,1 persen pada 2017 meluas ke seluruh pasar kendaraan niaga.

Guna mencapai dominasi absolut sekurang-kurangnya 50 persen pangsa pasar kendaraan niaga itu ditargetkan dicapai pada 2020, sebagai langkah pertama KTB menargetkan bisa meraup 46 persen pangsa pasar pada 2018, demikian disampaikan Direktur Pemasaran KTB Duljatmono dalam Temu Media Tahunan 2018 di JCC Senayan, Jakarta, Jumat.

"Pencapaian kami di 2017 menjadi bekal kami menghadapi tantangan baru 2018, kami memiliki target jangka menengah untuk memperluas dominasi pasar niaga menjadi absolut 50 persen," kata pria yang akrab disapa Momon itu.

Momon menuturkan tahun 2017 memang diwarnai kebangkitan dari pasar kendaraan niaga, yang juga dirasakan oleh Fuso yang berhasil menggenjot kinerja penjualan secara signifikan.

Baca juga: Menperin sebut pasar kendaraan komersial potensial

Pada 2017 Fuso berhasil menjual tak kurang dari 42.319 unit kendaraan niaga meningkat sebesar 28 persen dibandingkan 33.061 unit pada tahun sebelumnya. Penjualan tersebut mengantarkan Fuso menguasai 45 persen pangsa pasar kendaraan niaga 2017.

"Di segmen Light Duty Truck, Colt Diesel semakin dominasi pasar dengan absolut lewat penguasaan 58,1 persen. Itu tertinggi selama 8 tahun terakhir," kata Momon.


Fighter perkuat MDT

Fuso menghadirkan produk terbaru di segmen truk menengah / Medium Duty Truck (MDT), Fighter, guna meningkatkan pangsa pasar di segmen tersebut demi mewujudkan ambisi menguasai penuh pasar kendaraan niaga.

Baca juga: Dikenalkan di GIICOMVEC, UD Trucks berambisi Kuzer jadi pemimpin pasar

Fighter diluncurkan Fuso dalam keikutsertaan mereka di ajang pameran otomotif kendaraan niaga, Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2018, di JCC Senayan, Jakarta, 1-4 Maret 2018.

Secara berkelanjutan Fighter, yang dibawa bermodalkan keberhasilan penerimaan di pasar Jepang, akan hadir dalam 16 varian dalam kurun waktu hingga tiga tahun mendatang.

Kehadiran Fighter mendorong Fuso untuk meraup peningkatan pangsa pasar segmen MDT dari 18,6 persen pada 2017, 23 persen pada 2018 dan 25 persen pada 2020.

"Kami ingin memberikan opsi dan pilihan lain bagi para pelanggan di segmen MDT, sekaligus mengantarkan ambisi jangka menengah 50 persen pasar kendaraan niaga," kata Momon.
Pewarta:
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018