Jakarta (ANTARA) - Wakil Direktur Penjualan dan Pemasaran PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku pemegang merek Mitsubishi Fuso di Indonesia, Aji Jaya, menyebut rencana peluncuran truk listrik eCanter tahun depan masih berjalan sesuai rencana.

“Sejauh ini masih sesuai rencana untuk persiapan itu, jadi kalau biasa di mobil kan sebelum peluncuran, banyak hal-hal yang perlu disiapkan misalnya after sales (purnajual), paralel dengan infrastruktur,” kata Aji saat temu media di Jakarta, Rabu.

Aji menyebut KTB sebelumnya telah melakukan uji coba Proof of Concept (PoC) menggunakan eCanter tipe 1.1 dengan sejumlah perusahaan untuk memastikan truk listrik itu layak digunakan di Indonesia. Beberapa perusahaan yang telah mencoba eCanter, menurut Aji, di antaranya Nestle, BLog, Pos Indonesia, hingga GoTo.

Baca juga: Tidak ada kendala uji coba, truk listrik eCanter siap dirilis

“(eCanter) Sudah kita uji coba di beberapa pelanggan besar kita, ada yang sudah mencapai 10 ribu kilometer, pasti kita akan tanya bagaimana performanya,” Aji menambahkan.

Generasi terbaru dari Mitsubishi Fuso eCanter dikenalkan dalam pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 Agustus lalu. Truk itu tampil perdana di Indonesia setelah diluncurkan di Jepang pada September tahun 2022.

Kendaraan komersial yang menggunakan daya baterai sepenuhnya itu bukan hanya bebas emisi, melainkan juga memiliki daya jelajah yang terbilang cukup jauh dengan akselerasi yang bertenaga, mudah dioperasikan, dan cocok untuk sektor logistik di area perkotaan, serta, distribusi lokal.

Dengan pengembangan teknologi yang lebih canggih, KTB mengklaim truk itu tidak bising saat dikendarai dan telah dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan.

“Masih sesuai rencana rilis 2024 (eCanter), namun, sampai sekarang waktu pastinya kita belum bisa tentukan,” ujar Aji.

Next Generation eCanter hadir dengan eAxle, teknologi canggih yang hadir dengan driveline ringkas tanpa propeller shaft. Beberapa keunggulan eAxle adalah biaya perawatan yang lebih rendah, mudah diservis, halus, gesit, dan akselerasi yang mulus.

Adapun Next Generation eCanter memiliki tiga pilihan ukuran baterai yang akan menyesuaikan dengan kebutuhan dari konsumen, yaitu ukuran S, M dan L yang menghasilkan tenaga dan jangkauan jarak berbeda dalam sekali pengisian.

Sebagai gambaran, baterai eCanter ukuran M, mampu menempuh jarak berkendara 120-150 kilometer.

Baca juga: Pertimbangan KTB Fuso belum jual truk listrik eCanter

Baca juga: 50 tahun Fuso Indonesia, berinovasi dari Colt menuju eCanter listrik

Baca juga: Tesla produksi Cybertruck pertama setelah tertunda dua tahun

Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023