Jakarta (ANTARA News) - Jenama otomotif, Land Rover, memasuki usia 70 tahun pada 2018 dan berencana merayakannya dengan memulai proyek restorasi satu dari tiga unit mobil 4x4 pertama mereka. 

Mobil tersebut, merupakan model praproduksi massal yang dipamerkan Land Rover dalam peluncuran di ajang Amsterdam Motor Show 1948, demikian keterangan pers yang diterima di Jakarta, Kamis.

Selama bertahun-tahun, keberadaan mobil tersebut menjadi misteri setelah terakhir kali diketahui keberadaannya di jalanan pada medio 1960-an, kemudian menghabiskan 20 tahun di lahan pertanian di Wales sebelum dibeli kembali untuk proyek restorasi, meski tak pernah selesai dan ditelantarkan.

Lantas mobil itu secara mengejutkan ditemukan beberapa kilometer di luar Solihull, Inggris, yang kebetulan merupakan lokasi perakitan pertama mobil tersebut, dan Jaguar Land Rover mengerahkan para ahli untuk melakukan riset selama berbulan-bulan meneliti arsip perusahaan untuk mengungkap sejarah kepemilikan serta mengkonfirmasi keberadaannya.

Tim yang sukses dalam program Land Rover Series I Reborn --yang membuat para pelanggan berkesempatan memiliki potongan sejarah Land Rover lewat Series I hasil restorasi-- kini akan menghadapi tantangan terbesarnya, yakni misi untuk menyelamatkan unit purwarupa dan membuatnya bisa dikendarai lagi.

"Unit Land Rover ini adalah potongan penting tak tergantikan dalam sejarah otomotif dan sama pentingnya dengan 'Huey', unit produksi pertama Land Rover," kata Direktur Jaguar Land Rover Classic, Tim Hannig.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018