Berlin (ANTARA News) - Volkswagen grup dikabarkan mengalami kenaikan penjualan global yang mencapai sekitar 10,7 juta mobil sepanjang tahun 2017, menurut laporan media Jerman Bild am Sonntag mengutip perkiraan internal VW.

Jika pencapaian itu benar, maka VW akan menjadi produsen mobil dengan penjualan tertinggi mengungguli Toyota untuk tahun 2017.

Kenaikan penjualan itu sejalan dengan angka pengiriman yang lebih tinggi pada merek-merek di bawah naungan VW. Brand premium Audi dan Porsche mendorong pendapatan di atas 220 miliar euro untuk pertama kalinya setelah membukukan rekor 217 miliar euro pada 2016, menurut warta surat itu pada Minggu (7/1), dilansir Reuters.

Seorang juru bicara VW yang berbasis di Wolfsburg belum berkomentar atas laporan tersebut.

VW akan mempublikasikan data penjualan grup sepanjang 2017 pada 17 Januari dan akan merilis pencapaian keuangan pada akhir Februari.

Pada tahun 2016, setahun setelah skandal emisi "Dieselgate" diketahui publik, penjualan grup VW justru naik 3,8 persen menjadi 10,3 juta mobil.

Kenaikan itu ditopang peningkatan penjualan yang mencapai dua digit di China dan keuntungan yang diraih di Eropa.

Toyota mengatakan pada bulan lalu pihaknya memperkirakan menjual 10,35 juta mobil di seluruh dunia pada tahun 2017 untuk seluruh brand di bawah naungan Toyota antara lain Lexus, Daihatsu dan Hino-nyam atau naik 2 persen dari tahun 2016, demikian Reuters.

Penerjemah:
Copyright © ANTARA 2018