Jakarta (ANTARA News) - Toyota Sienta diproduksi di Pabrik Karawang Plant 2 yang secara khusus membuat kendaraan jenis sedan dan hatchback Toyota antara lain Vios, Etios dan Yaris.

Karena khusus memproduksi kendaraan jenis sedan, pihak Toyota menggunakan teknisi khusus dengan nama "Sientaman" yang diperkerjakan hanya untuk memproduksi Sienta yang termasuk mobil dari segmen mini van atau MPV di pabrik itu.

Nandi Julyanto Director Production Engineering & Karawang Plant mengatakan Sientaman secara khusus akan "membuntuti" perjalanan mobil Sienta di lini produksi karena proses pemasangan bagian-bagian mobil tersebut berbeda dengan tipe sedan.

"Ada Sientaman yang khusus kerja untuk Sienta saja. Karena berbeda, misalnya memasang bangku baris ketiga. Dia kerjanya mengikuti Sienta terus sampai selesai. Mengikuti mobil itu berjalan di line, itu yang unik," kata Nandi Julyanto di Karawang, Jawa Barat, Senin petang.

Ia juga mengatakan, untuk memproduksi Sienta pertama kalinya di luar Jepang, pihaknya juga belajar dari produksi mobil lain salah satunya Toyota NAV1.

"Pintu geser juga jadi sesuatu. Kita juga lihat ke model lain yang menggunakan pintu geser, misalnya Toyota NAV1. Dinamika Sienta adalah sesuatu yang baru," kata dia.

Adapun alasan Toyota tetap memproduksi Sienta di pabrik Plant 2, atau satu atap dengan sedan dan hutchback, berdasarkan pertimbangan ukuran kendaraan dan tipe sasis.

"Pertama kita menentukan lokasi di Plant 1 atau 2 itu berdasarkan ukuran mobil. Kedua kami mpabrikelihat dari tipe sasis, monokok atau menggunakan sasis. Sehingga berdasarkan itu kita menentukan di Plant 2," pungkas dia.

Sienta yang diproduksi di Karawang Plant 2 menjadi produksi pertama kali TMMIN untuk mobil dengan sliding door sehingga pada proses perakitan ada sedikit metode yang berbeda atau alat khusus dibanding merakit mobil jenis lain.

Pada perakitan itu juga menggunakan konsep doorless assembly atau pemasangan komponen tanpa keseluruhan pintu dipasang guna memudahkan operator saat memasang komponen bagian dalam mobil. Semua pemasangan komponen dan proses itu dikerjakan dalam ruangan berkonsep CBC (Clean, Bright, Comfort).
Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016