Jakarta (ANTARA News) - Panggung utama di booth Honda menampilkan All New Honda Civic yang perdana ditampilkan bertepatan dengan hari pembukaan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016, di JIExpo Kemayoran, Kamis.

Selain menampilkan desain revolusioner dan fitur canggih, All New Honda Civic merupakan mobil dengan mesin turbo pertama di kelasnya. All New Honda Civic dijual dengan harga Rp475 juta untuk on the road wilayah Jabodetabek.

"All New Honda Civic dikembangkan berdasarkan reputasi besar dari generasi-generasi sebelumnya, sambil mendobrak batasan baru untuk menciptakan model Civic terbaik yang pernah ada," kata Presiden Direktur PT Honda Prospect Motor Tomoki Uchida saat acara peluncuran, di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis.

Dipadukan dengan mesin VTEC 1.5 liter yang efisien dan bertenaga, All New Honda Civic Turbo dapat menghasilkan tenaga maksimal hingga sebesar 173 PS pada 5.500 rpm dan torsi maksimal 22,4 kg.m pada 1700-5500 rpm, yang merupakan tertinggi di kelasnya.

Transmisi CVT dengan Earth Dreams Technology mampu menghasilkan keseimbangan antara mesin yang responsif dari putaran rendah dan bertenaga di putaran tinggi. Sistem tersebut memberi akselerasi yang responsif, lebih halus dan performa yang maksimal serta konsumsi bahan bakar yang efisien.

Fitur paddle shift memberikan sensasi racing untuk mengatur perpindahan transmisi tujuh kecepatan hanya dengan menggunakan ujung jari. Kelincahan dan stabilitas kendaraan dalam berbagai kecepatan dihasilkan lewat penambahan fitur Dual Pinion electric Steering Power (EPS).

Mesin pada All New Honda Civic menghasilkan tingkat emisi yang sudah memenuhi standar Euro 4. Efisiensi bahan bakar All New Civic didukung fitur ECON yang secara otomatis mengatur kerja mesin dan fungsi-fungsi lainnya untuk memaksimalkan efisiensi bahan bakar. Fitur ECO Assist membantu memberikan petunjuk kepada pengemudi untuk menghemat bahan bakar saat berkendara.


Tampilan dan Teknologi 

Tampilan All New Honda Civic terlihat lebih sporty dan mewah. Pada bagian depan, Full LED Headlight dilengkapi LED Daytime Running LED (DRL). Kesan sporty dan keamanan saat berkendara juga didukung oleh penambahan fog lamp dan side position lamp.

Pada bagian belakang, Rear Combi Lamp dengan desain yang meruncing di sudut juga menambah kesan sporty. Dual Exhaust Pipe Finisher mempertegas kesan sporty sekaligus meningkatkan efisiensi pelepasan gas emisi sehingga performa mesin lebih bertenaga dan maksimal. Sementara velg 17 inchi menggunakan desain racing dan material yang ringan untuk meningkatkan performa berkendara.

Jok All New Honda Civic menggunakan Full Leather Seat, begitu juga Steering dan Shift Knob-nya. Dibalik roda kemudinya, Meter Cluster with Multi Information Display memberikan berbagai informasi yang penting saat berkendara melaluilayar yang informatif.

Pengaturan posisi mengemudi dipermudah dengan sistem Tilt and Telescopic pada roda kemudi serta sistem 8-way Driver Power Seat Adjuster.

Di konsol tengah, terdapat sistem audio video dengan layar sentuh tujuh inchi yang telah dibekali OS Android berteknologi Wireless Mirror Linked untuk smartphone serta dapat terkoneksi dengan WiFi.

Sementara itu, fitur Remote Engine Start berfungsi memudahkan membuka dan mengunci pintu hingga menyalakan mesin dan mengaktifkan AC secara otomatis. Teknologi Smart Entry memberikan kemudahan untuk membuka kunci cukup dengan menyentuh handle pintu. One Pusah Ignition System berfungsi untuk menyalakan mesin hanya dengan satu sentuhan tombol. Sedangkan fitur Cruise Control untuk menjaga kecepatan kendaraan tanpa perlu menginjak pedal akselerasi.


Fitur Keselamatan Tinggi

Honda mengaplikasikan teknologi rangka orisinil G-Force Control (G-CON) dengan tujuan menjaga keutuhan struktur pada ruang penumpang dengan cara menyerap dan mengalirkan energi dari suatu benturan. 

Teknologi ACE memberikan perlindungan menyeluruh pada kabin penumpang meskipun bertabrakan dengan kendaraan yang berbeda ukuran. 

Ketika terjadi tabrakan keras, Prestensioner Seatbelt akan mengencang sehingga tubuh tetap berada pada posisinya dan mencegah gerakan dada ke depan. All New Civic juga dilengkapi dengan enam buah airbag.

Pengemudi dapat mengaktifkan rem parkir dengan satu sentuhan lewat Fitur Electric Parking Brake. Sedangkan Auto Brake Hold untuk menahan rem secara otomatis ketika kendaraan berhenti sempurna pada saat tanjakan atau turunan untuk menghindari mobil meluncur tanpa menginjak rem terus menerus.

Seluruh varian All New Honda Civic tersedia dalam lima pilihan warna yakni, Cosmic Blue Metallic, Crystal Black Pearl, Lunar Silver Metallic, White Orchid Pearl, dan Modern Steel Metallic.

Terdapat pula aksesoris Modulo yang bisa dipilih sesuai dengan selera.
Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016