Jakarta (ANTARA News) - Uber selalu terang-terangan tertarik pada mobil swakemudi. CEO perusahaan tersebut, Travis Kalanick, pernah mengatakan ingin mengganti para sopirnya dengan kendaraan yang bisa menyetir sendiri. 

Kini, Uber kelihatannya siap melakukan hal itu, demikian situs Techno Buffalo melansir pada Minggu (20/3).

Situs tersebut mengutip Reuters yang melaporkan bahwa Uber telah melakukan pendekatan pada beberapa merek untuk membeli mobil swakemudi.

"Mereka ingin mobil otonom," salah seorang sumber mengatakan pada kantor berita. "Kelihatannya mereka sedang belanja sekarang."

Banyak perusahaan-perusahaan mobil besar termasuk Audi, Mercedes-Benz dan BMW sedang mengerjakan mobil tanpa awak, namun tak satupun di antaranya yang benar-benar sudah meluncurkan kendaraan yang sepenuhnya tanpa awak. 

Sementara itu Manager Magazin melaporkan Uber mungkin memesan lebih dari 100.000 mobil Mercedes S-Class, meski sumber kedua mengklaim kesepakatan itu tak pernah terjadi.

Kendaraan itu bisa memarkir sendiri, bisa secara otomatis menjaga jarak aman dengan kendaraan lain, dan bahkan mampu mengatasi kemacetan.

Penerjemah: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2016