Jakarta (ANTARA) - Larangan emisi kendaraan baru di Eropa mulai tahun 2035 bisa jadi direvisi untuk mengizinkan penggunaan bahan bakar alternatif seperti diesel dan bensin sintetis, hidrogen, dan pada gilirannya menjaga mesin pembakaran internal (ICE) tetap hidup di tengah gempuran elektrifikasi.

Laman Drive, Rabu, melaporkan, Partai Rakyat Eropa (European People's Party/EPP) mendorong untuk merevisi peraturan untuk secara eksplisit mengizinkan penggunaan bahan bakar tanpa emisi pada mobil dan van baru setelah tahun 2035.

Sementara ketentuan-ketentuan yang dimasukkan dalam legislatif untuk mengizinkan bahan bakar nabati dan bahan bakar sintetis, sebuah dokumen rancangan internal yang dibuat oleh EPP menginginkan agar undang-undang tersebut dibuka untuk mengizinkan "teknologi mesin pembakaran mutakhir".

Bahan bakar sintetis dapat dibuat dengan menangkap karbon dari atmosfer dan mengubahnya menjadi bensin atau solar menggunakan energi terbarukan, dengan emisi knalpot dari kendaraan yang ditenagai oleh bahan bakar ini secara efektif bersifat netral karbon, karena mereka tidak menambahkan karbon tambahan ke atmosfer.

Baca juga: Kemenko Marves tekankan elektrifikasi kendaraan untuk kurangi polusi

Baca juga: Daimler Truck dan Masdar jalin kerja sama bidang ekspor hidrogen hijau


Sementara itu, bahan bakar nabati dapat diproduksi dari tanaman dan limbah produk hewani. Biodiesel, misalnya, dapat dibuat dari ganggang - yang menyerap karbon dioksida dari atmosfer selama pertumbuhannya.

Seperti yang dilaporkan pada bulan Maret 2023, Porsche dan BMW diketahui telah melakukan lobi untuk mendapatkan tunjangan tersebut, dengan kedua perusahaan tersebut berinvestasi dalam teknologi bahan bakar sintetis, bersama dengan pembuat supercar Ferrari.

Sementara beberapa produsen mobil telah mengumumkan bahwa mereka tidak lagi berinvestasi dalam pengembangan mesin ICE, yang terbaru adalah Nissan pada Juni 2024, dan yang lain telah berjanji untuk terus membuat mesin bensin dan diesel.

Pada bulan Mei 2024, Toyota, Mazda, dan Subaru mengumumkan pada konferensi pers bahwa mereka sedang mengerjakan ICE generasi baru yang dirancang untuk menggunakan bahan bakar sintetis, bahan bakar nabati, dan hidrogen cair, dibantu dengan teknologi hibrida untuk membantu efisiensi dan kinerja.

Baca juga: Target capai nol emisi, Suzuki terapkan produksi minim karbon

Baca juga: Per 2035, mobil baru di Kanada wajib nol emisi karbon

Baca juga: Target nol emisi, Toyota siapkan kendaraan elektrik seluruh segmen

 

Pewarta:
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024