Jakarta (ANTARA News) - James Bond si agen MI6 007 sudah terlanjur identik dengan Aston Martin, yang kini berlanjut dengan film paling mutakhir dia, Spectre. Di film itu, dia memakai Aston Martin DB9 GT berkelir spectre silver.


“Di seluruh dunia, cuma 150 unit Aston Martin DB9 GT yang dibuat dan Asia Pasifik mendapat 15 unit. Satu dari 15 unit itu sudah ada di Indonesia dan dimiliki orang Indonesia. Maaf, identitas pemiliknya tidak bisa diungkap,” kata CEO Aston Martin Jakarta, Irmawan Poedjoadi, di Jakarta, Kamis petang. 


Bersama beberapa koleganya, dia menjadi tuan rumah perkenalan Aston Martin DB9 GT ini kepada pers. Kata perkenalan di sini, menggantikan kata peluncuran yang biasa dipakai pabrikan mobil karena cuma satu-satunya unit Aston Martin DB9 GT Bond Edition Coupe yang ada di Indonesia; dan itupun sudah dimiliki pemiliknya. 


Menurut dia, begitu selesai seremoni perkenalan ini, unit mobil sport papan atas dunia itu segera diantar kepada pemiliknya. “Ini unit yang ke-31. Harga juga tidak bisa diungkap,” kata dia. 


Laiknya Bond yang ternama dengan barisan wanita-wanitanya alias Bond girls, maka perkenalan Aston Martin DB9 GT Bond Edition Coupe ini juga menghadirkan gadis-gadis model Bond girls yang berasal dari berbagai kebangsaan. 


Di bawah siraman lampu sorot berkekuatan ribuan Watt, kemilau metalik spectre silver dengan bungkusan vernis sempurnyanya memberi sensasi tersendiri, sangat rata dari ujung grille hingga buritan bagasi belakang dan bumpernya. 


“Untuk menghasilkan cat seperti itu diperlukan 60 jam kerja di bengkel khusus cat kami di Inggris. Terhitung dari cat dasar, ada tujuh lapis cat. Benar-benar harus sempurna dan sama sekali sempurna,” kata Dealer Development Manager Asia Pacific Aston Martin, Nancy Chen, yang berkantor di Singapura.


DNA sport sangat kental dengan nuansa vintage yang khas aristokrat Inggris yang tidak menyiratkan otot besar sebagaimana mobil sport buatan negara-negara lain. Begitu kap mesin dibuka, emblem edisi khusus Aston Martin DB9 GT Bond Edition Coupe menyita perhatian mata, beralaskan warna kelabu mesin dan dua turbonya. 


Kapasitas yang diusung 6.000 cc dalam 12 silinder, yang dinyatakan bisa menyemburkan daya 540 HP, sehingga percepatan 0-100 kilometer perjam bisa diraih hanya dalam 4,5 detik saja. 


Ini serupa dengan performansi beberapa tipe Ferrari atau Lamborghini dari Italia. 


“Walau begitu, posisi Aston Martin sangat khas, tidak bisa dibandingkan atau disandingkan dengan merek lain,” kata GM Sales & Marketing Aston Martin Jakarta, Fransisca Prandayani. 


Pewarta:
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015