Jakarta (ANTARA) - Merek kendaraan mewah asal Inggris Aston Martin telah mengungkapkan V12 Vantage Roadster baru, sebuah Vantage Roadster dengan mesin V12

Gaya bodi roadster yang berdesain tanpa atap membuat penumpang lebih bisa mendengar mesin V12. Produksi V12 Vantage Roadster dibatasi sebanyak 249 unit.

Produksi V12 Vantage Roadster akan dimulai pada Q3 tahun 2022, dengan pengiriman pertama dijadwalkan akan dimulai pada Q4 2022.

Mesin V12 Aston Martin Vantage memiliki kapasitas 5,2 liter dan telah twin-turbocharged, menghasilkan tenaga maksimal 700 Ps pada 6.500 rpm dan output torsi puncak 753 Nm pada 5.500 rpm.

Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi otomatis konverter torsi 8-percepatan yang bersumber dari ZF. Mesinnya dipasang di tengah-depan dan tenaganya ditransfer ke roda belakang.

Velg pada V12 Vantage berukuran 21 inci dan dilengkapi dengan ban performa tinggi Pilot 4S sebagai standar, dengan ukuran 275/35 R21 di depan dan 315/30 R21 di belakang.

Tugas pengereman dilakukan oleh enam kaliper piston di depan dan empat kaliper piston di belakang, serta menggunakan Carbon Ceramic Brakes

Untuk menjaga bobot tetap rendah, bumper depan V12 Vantage Roadster, kap mesin clamshell, spatbor depan, dan kusen samping dibuat dari serat karbon, serta bumper belakang dan tutup dek terbuat dari material komposit hemat bobot.

Aston Martin telah menggunakan baterai yang ringan dan sistem pembuangan twin-exit baru yang dipasang di tengah.

Sistem pembuangan baru telah membantu mengurangi bobot kendaraan hingga 7,2 kg. Ada juga kursi baru yang membantu mengurangi bobot hingga 7,3 kg. Demikian dikutip dari Hindustan Times, Senin.



Baca juga: Lamborghini cemaskan krisis energi meski raih untung di semester I

Baca juga: Alonso gantikan Sebastian Vettel di Aston Martin mulai 2023

Baca juga: MC20 Cielo tandai fokus Maserati pada kualitas, bukan target penjualan

 
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022