Jakarta (ANTARA News) - Sebuah mobil konsep SUV bertenaga listrik dari Mitsubishi yang dinamai eX bakal diperkenalkan secara perdana di seluruh dunia dalam gelaran pameran otomotif Tokyo Motor Show 2015 di Jepang, 28 Oktober nanti.

Lewat laman resminya, Mitsubishi Motors Corp menyebutkan eX sebagai visi sebuah mobil SUV ringkas yang didukung sistem kendaraan bertenaga listrik (EV) generasi berikutnya.

Secara desain, eX dibaluti citra crossover sports yang bakal bergerak gesit di jalanan kota dengan mengawinkan keanggunan dan gaya ala shooting brake -istilah yang diidentikkan dengan coupe berpadu gaya mengalir ala mobil hatchback- dengan garis ala SUV ringkas.

Tampak depan mobil konsep itu mengekspresikan interpretasi baru dari konsep desain Perisai Dinamis ala Mitsubishi.

Secara kulit dan jeroan, konsep eX mengindikasikan arah yang ditempuh tim desain Mitsubishi.

Mobil konsep eX dibekali sistem EV generasi berikutnya, yang mengandalkan baterai berkapasitas dan performa tinggi bersama mesin listrik ringkas dengan tenaga keluaran tinggi membuatnya lebih ringan dan efisien.

Ditambah lagi dengan pengurangan bobot kendaraan secara signifikan bakal membuatnya memiliki daya jelajah hingga 400 km.

Pemasangan baterai di bawah bodi berhasil menurunkan pusat gravitasi dan secara simultan bersama mesin Twin Motor 4WD dan sistem kendali dinamis terintegrasi S-AWC membantu dihasilkannya kendali kemudi yang mereflikasikan keinginan pengendara sekaligus kestabilan kendaraan yang memukau.

Mitsubishi meyakini mobil konsep eX bakal menjadi SUV generasi masa depan yang berada satu langkah di depan kendaraan-kendaraan bertenaga listrik yang ada saat ini.

Selain itu disematkan pula fitur-fitur lain termasuk teknologi kemudi otomatis yang memadukan teknologi keterhubungan mobil, penggunaan sistem informasi generasi selanjutnya dan teknologi keselamatan aktif yang unggul.

Saat mobil mendeteksi bahaya fitur keselamatan akan diaktifkan dengan cepat dan cermat sekaligus keberadaan fungsi pendeteksi malfungsi maupun keanehan sejak dini sembari menotifikasi pengendara untuk memasukkan mobilnya demi memperoleh layanan perawatan.

Mobil konsep eX bakal menjadi satu dari tujuh unit yang rencananya bakal dipamerkan pada sesi media TMS 2015, bersama empat unit Outlander PHEV, satu unit mobil reli Outlander PHEV Baja Portalegre 500 dan hatchback lima pintu bertenaga listrik i-MiEV.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015