Jakarta (ANTARA News) - Volkswagen AG menyatakan kepada lembaga pengawas kendaraan di Tiongkok bahwa mereka berencana menarik lebih dari 580 ribu unit kendaraan di negara tersebut, setelah perusahaan itu mengadakan investigasi sejak Agustus 2014.

Pemegang merek VW di China, FAW-Volkswagen Automobile Co Ltd, akan menarik sedikitnya 563.605 unit model New Sagitar yang diproduksi antara Mei 2011 hingga Mei 2014 akibat masalah pada bagian tungkai aksel belakang atau rear axle arm, demikian pernyataan resmi dari Administrasi Umum Pengawasan, Pemeriksaan dan Karantina Kualitas dalam situs mereka.

VW juga menarik 17.485 unit Beetles yang diimpor akibat masalah serupa.

Pihak FAW-Volkswagen, yang mayoritas sahamnya dimiliki perusahaan pemerintah Tiongkok FAW Grup Corp, menolak berkomentar. Pejabat VW Tiongkok juga tidak bisa dihubungi untuk dimintai komentar.

Tahun lalu, VW menarik sedikitnya 384.181 unit kendaraan mereka di Tiongkok untuk memperbaiki permasalahan pada gearbox setelah nama pabrikan asal Jerman itu disebut dalam investigasi khusus tahunan atas produk malpraktik perusahaan oleh stasiun televisi pemerintah China Central Television.

Hingga September 2014 VW mengirimkan 2,7 juta unit kendaraan mereka ke konsumen Tiongkok, meningkat 15,2 persen dibandingkan setahun sebelumnya melampaui pertumbuhan industri setempat sebesar 7 persen, demikian Reuters.

Penerjemah: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2014