Jakarta (ANTARA News) - PT Isuzu Astra Motor Indonesia memperkuat layanan purna jual dengan menambahkan layanan servis dan ketersediaan suku cadang kendaraan bagi konsumen.

"Kami telah memiliki 2.114 part shop di 332 kota, dengan target sebanyak 2.200 part shop hingga akhir 2014. Kami juga memiliki 12 parts depo," kata Spare Part Division Head PT IAMI Djulimin di JI Expo, Jakarta, Kamis.

Dia menjelaskan parts depo itu berisikan suku cadang untuk kendaraan Isuzu ELF dan Isuzu GIGA.

Menurut dia, tujuan parts depo menjamin ketersediaan suku cadang Isuzu di seluruh Indonesia dengan mengurangi waktu pengiriman dari gudang pusat di Jakarta.

"Ke-12 part depo berada di kota Medan, Pekanbaru, Surabaya, Samarinda, Banjarmasin, Makassar, Lampung, Palembang, Manado, Bali, dan Semarang.

Kami juga memiliki pusat gudang suku cadang seluas 10.000 meter persegi di Pondok Ungu Bekasi," ujarnya.

Selain itu menurut dia, untuk menjamin keterjangkauan, Isuzu Indonesia juga memiliki Isuzu Astra Domestic Genuine yaitu suku cadang khusus pasar Indonesia yang hanya memiliki dua musim.

Dia menjelaskan IADG berbeda dengan Isuzu Genuine Part yang dirancang untuk kebutuhan truk Isuzu di seluruh dunia sehingga kualitasnya dibuat untuk negara-negara dengan empat musim.

"Saat ini IADG telah mencapai 590 parts number dan akan terus bertambah dengan target 650 parts number pada akhir 2014," katanya.

Djulimin mengatakan saat ini sudah terdapat 235 bengkel dari authorized dan bengkel mitra, serta 127 bengkel berjalan dari target sebanyak 140 unit hingga akhir tahun 2014.

Saat ini menurut dia, Isuzu Indonesia memiliki 918 mekanik yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.
Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014