Jakarta (ANTARA) - Wakil manajer umum eksekutif SAIC Passenger Vehicle, Yu Jingmin mengungkapkan bahwa baterai solid state yang dikembangkan sendiri oleh SAIC akan pertama kali dipasang pada mobil MG.

Dilaporkan Carnewschina pada Rabu (4/9) waktu setempat, kendaraan tersebut diperkirakan akan diluncurkan pada kuartal kedua tahun 2025.

Jingmin juga menyebutkan bahwa model MG S5 listrik yang akan datang akan diluncurkan pada bulan November tahun ini.

Tahun lalu, beberapa perusahaan Tiongkok telah membuat pernyataan mengenai baterai solid-state.

Namun demikian, hingga saat ini belum ada yang berhasil memproduksi unit solid-state yang tersedia secara komersial. Mereka bergabung dengan pemain internasional, termasuk Mercedes-Benz, BMW, Porsche, Hyundai-Kia, Nissan, dan Toyota, yang mengklaim tengah mengembangkan teknologi tersebut dan mengklaim bahwa kendaraan tersebut akan memiliki jangkauan lebih dari 1000 km.

Baca juga: Nissan jajaki baterai "solid-state" yang dirumorkan untuk GT-R baru

Baca juga: SAIC mulai produksi massal baterai solid-state pada 2026

Adapun perbedaan utama antara baterai solid-state dan jenis baterai yang ada saat ini adalah bahwa elektrolit dalam baterai solid-state adalah padat, sedangkan pada baterai saat ini adalah cair.

Hal ini memungkinkan baterai, sebagian karena tidak memiliki pemisah, untuk mengurangi volume hingga 40 persen dan massa hingga 25 persen sehingga meningkatkan kepadatan energi.

Baterai tersebut diklaim memiliki masa pakai yang lebih lama dengan hingga 45.000 siklus dan dapat digunakan dalam berbagai suhu, -25°C-60°C.

Elektrolit padat tidak mudah terbakar, korosif, atau mudah menguap, sehingga jauh lebih aman dan mencegah risiko kebocoran.

Masalah utama dalam membuat baterai solid-state layak secara komersial adalah kemampuan untuk memproduksinya dengan biaya yang cukup murah melalui produksi massal.

Baterai tersebut diperkirakan akan memulai debutnya pada tahun 2025 pada model MG kelas atas, mungkin Cyber GTS yang diluncurkan di Goodwood awal tahun ini.

Yu Jingmin menyebutkan tentang peluncuran model S5 pada bulan November.

Mobil ini merupakan SUV listrik yang relatif kecil yang menggunakan baterai litium besi fosfat.

Baterai solid-state tidak akan dapat dipasang pada model seperti itu dalam waktu yang lama hingga paling cepat tahun 2030. Awalnya, baterai semacam itu akan eksklusif untuk model yang lebih canggih dan bersaing dengan baterai kimia NCM.

Sekretaris Jenderal Aliansi Inovasi Industri Baterai Tenaga Otomotif Tiongkok, Xu Yanhua telah menyatakan bahwa sebelum tahun 2030 pasar baterai di Tiongkok masih akan didominasi oleh baterai cair.

Kemungkinan menggunakan platform yang sama dengan MG 4, MG S5 memiliki dimensi 4476, 1849, dan 1621 mm (p/l/t) dan jarak sumbu roda 2730 mm.

Mobil ini menggunakan motor listrik 125 kW yang dipasang di as roda belakang. Berat mobil berkisar antara 1.615 kg dan 1.740 kg.

Baca juga: Samsung SDI bertujuan produksi massal baterai solid-state pada 2027

Baca juga: Toyota debut teknologi baterai solid-state dan bipolar pada 2027-2028

Baca juga: Mobil listrik Nissan berbaterai "solid-state" akan diluncurkan 2028

Pewarta:
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024