Jakarta (ANTARA) - BYD Seal, “anak baru” di pasar otomotif berhasil mengalahkan para pemain utama dalam perlombaan penjualan kendaraan penumpang baru di Australia pada Juli tahun ini, dan berada di posisi kedua setelah Toyota Camry yang masih bertengger di posisi pertama.

Menurut data VFACTS per bulan ini yang dirilis oleh Federal Chamber of Automotive Industries (FCAI), dilansir Drive, Sabtu (31/8), sedan listrik BYD Seal, yang baru tiba di ruang pamer lokal pada bulan Desember tahun lalu, berhasil terjual sebanyak 570 unit pada Juli. Angka tersebut mewakili 25 persen dari penjualan mobil penumpang menengah di bawah 60 ribu dolar Amerika Serikat (Rp932 juta).

Meskipun Camry yang sudah lama beredar mengalahkannya, dengan membukukan 1.498 penjualan dan mengambil pangsa pasar 65 persen, Seal berhasil mengalahkan nama-nama besar lainnya seperti Honda Accord, Mazda 6, dan Skoda Octavia.

Baca juga: BYD hadirkan Seal 07 2025 dengan sensor LiDAR canggih

Sementara sedan/wagon Mazda 6 memberikan perlawanan terbaik dengan 101 mobil yang dikirim, Honda Accord - yang model barunya baru saja diluncurkan - hanya mencatat 13 penjualan, dengan Octavia berada di antara keduanya dengan 66 penjualan.

Accord memiliki pangsa pasar kurang dari satu persen (0,6 persen), hanya sedikit lebih tinggi dari Volkswagen Passat yang sudah tidak diproduksi lagi (0,4 persen).

Penjualan tahun berjalan juga menunjukkan hal yang sama, Camry dan BYD kembali mendominasi, dengan pangsa pasar masing-masing sebesar 65 dan 25 persen (4.462 versus 12.286 penjualan).

Tahun lalu, tanpa Seal, 30 contoh Honda Accord terjual, 97 unit Octavia, dan 88 unit Mazda 6 - menunjukkan bahwa para pembeli beralih ke tempat lain, termasuk ke produsen mobil China.

Distributor lokal raksasa mobil hibrida dan mobil listrik China BYD, EV Direct, sebelumnya menyatakan target yang berani untuk menjadi merek mobil baru terlaris di Australia pada akhir dekade ini.

Para eksekutif perusahaan telah menyatakan ambisi untuk menjadi lima besar merek di Australia pada tahun 2025 - yang berarti harus menjual sekitar 70 ribu mobil setiap tahunnya, mengalahkan Tesla, Subaru, Isuzu, MG, Volkswagen, dan Mitsubishi.

Baca juga: Toyota akhiri sejarah 43 tahun Camry di Jepang

Pada Juli, perusahaan itu berhasil melewati angka 25.000 unit kendaraan secara lokal, dengan 25.885 unit terjual.

“Seiring dengan perluasan jangkauan kami, kami selalu percaya BYD akan dengan cepat tumbuh dalam popularitas di kalangan pengemudi Australia. Kami tidak takut untuk menetapkan tujuan yang ambisius karena kami tahu bahwa warga Australia mencari kendaraan energi baru yang berkualitas dengan harga yang kompetitif, yang ditawarkan oleh BYD.” kata CEO EVDirect David Smitherman.

Sementara dalam kategori kendaraan listrik paling populer untuk paruh pertama tahun ini, BYD Seal hanya berada di belakang Tesla Model 3 dan Model Y. Harga jual BYD yang kompetitif membantunya menjembatani kesenjangan antara EV dan pembakaran internal.

Baca juga: Regulator federal AS selidiki "recall" unit Honda Accord dan HR-V

Baca juga: Hyundai targetkan penjualan 2 juta EV per tahun pada 2030

Baca juga: AAUI sebut penjualan kendaraan bermotor melambat pengaruhi premi

Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024