Jakarta (ANTARA News) - Toyota Indonesia mengucurkan dana Rp6 miliar untuk revitalisasi Taman Semanggi, Jakarta Pusat, dengan sumber dana antara lain dari penyisihan laba penjualan Rp35 ribu/unit mobil.

"Profit dari penjualan unit mobil kami sisihkan untuk CSR sebesar Rp 35 ribu per unit penjualan mobil," kata Presiden Direktur PT. Toyota Astra Motor (TAM) Johnny Darmawan saat persemian program revitalisasi Taman Semanggi, Jakarta, Minggu.

Penyisihan laba penjualan sebesar Rp35 ribu itu, ujar Johnny telah dilakukan sejak 2010, dan semua dananya masuk dalam anggaran Program Tanggung Jawab Perusahaan (CSR) yang sebelumnya sudah dialokasikan untuk pembangunan Toyota Eco Island di Ancol, Jakarta Utara.

Taman Semanggi seluas 4,9 hektar itu akan ditanami 14.700 tumbuh-tumbuhan tropis seperti Palm dan Kamboja.

"Taman Kota Semanggi diharapkan dapat membawa Semanggi menjadi salah satu ikon sejarah dan pusat atraksi kota Jakarta," ujar dia.

Selain penanaman belasan ribu pohon, Toyota dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga akan merevitalisasi sarana dan prasarana seperti perbaikan lampu jalan, jembatan, maupun jalur bagi pejalan kaki.

Toyota juga akan menyumbang satu unit truk Dyna, untuk pemeliharaan dan perawatan Taman Semanggu.

Selain untuk lingkungan, program CSR Toyota juga menyasar pada upaya pendidikan dan pemberdayaan masyarakat, sosialisasi keamanan berkendara dan lainnya.

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014