Jakarta (ANTARA News) - Toyota Indonesia yang terdiri dari PT Toyota-Astra Motor (TAM) dan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) berhasil meraih 11 penghargaan dari enam kategori dalam  penilaian Indonesia Green Awards (IGA) 2016 yang diselenggarakan oleh La Tofi School of CSR.

"Kami berterimakasih atas apresiasi yang diberikan kepada aktivitas CSR Toyota Indonesia dalam upaya menjaga pelestarian lingkungan hidup. Kami akan senantiasa berupaya melakukan perbaikan agar seluruh aktivitas CSR kami yang meliputi bidang lingkungan, pendidikan, kemasyarakatan, dan keselamatan lalu lintas, dapat memberikan manfaat yang lebih optimal bagi masyarakat,” kata Wakil Presiden Direktur TMMIN Warih Andang Tjahjono, dalam siaran pers yang diterima ANTARA News di Jakarta pada Rabu (25/5).

IGA adalah penghargaan dalam rangka Hari Bumi yang diperingati setiap tahunnya pada  tanggal 22 April. TMMIN dianugerahi predikat “The Best Indonesia Green Awards 2016” setelah menggondol semua kategori yang dilombakan, antara lain: Penyelamatan Sumber Daya Air, Menghemat Energi dan Penggunaan Energi Baru dan Terbarukan, Mengembangkan Keanekaragaman Hayati, Mempelopori Pencegahan Polusi, Mengembangkan Pengolahan Sampah Terpadu, Program Pengganti Unggulan (bagi perusahaan yang tidak terlihat dalam konservasi hutan).  

Toyota Indonesia meningkatkan kontribusi kepada masyarakat, baik melalui pengembangan produk dan industri, maupun berbagai kegiatan sosial, termasuk aktif dalam bidang pelestarian lingkungan, antara lain: seri penanaman pohon, mendukung pembangunan “Bank Genetik” untuk spesies tumbuhan asli dan langka Indonesia, serta edukasi kesadaran lingkungan hidup bagi generasi muda Indonesia.

Selain itu, ada juga Program Toyota Eco Youth (TEY) yang merupakan kontes peningkatan kondisi lingkungan hidup bagi siswa Sekolah Menengah Atas yang saat ini telah menginjak tahun ke-10.

TEY diharapkan dapat berperan serta membangun generasi muda dalam hal pelestarian lingkungan hidup dengan meningkatkan kesadaran dan peran aktif mereka serta mendukung pendidikan Indonesia, khususnya budaya riset yang inovatif, dan pendidikan dengan wawasan terhadap lingkungan.

Hingga TEY ke-9 yang dilaksanakan pada tahun 2015, terhitung lebih dari 750 sekolah dari seluruh Indonesia telah berpartisipasi dalam program tersebut  dengan lebih dari 2.340 proyek perbaikan lingkungan yang diajukan. Proyek-proyek TEY juga diminta untuk menularkan pengetahuan dan aktivitas kepada lingkungan sekitar sehingga dampak dari TEY dapat dinikmati dalam ruang lingkup yang lebih luas.

“Semoga upaya yang kami lakukan selama ini mampu menginspirasi dan memperluas kesadaran lingkungan hidup sehingga  dapat memberikan manfaat yang berarti bagi pelestarian lingkungan di Indonesia. Aktivitas-aktivitas ini kami lakukan sejalan dengan komitmen Toyota untuk tumbuh dan berkembang bersama masyarakat Indonesia,” kata Wakil Presiden Direktur TAM Henry Tanoto.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016