Jakarta (ANTARA) - Jenama mobil hasil kolaborasi antara Mercedes-Benz dengan Geely, Smart bakal meluncurkan SUV listrik terbarunya yakni Smart #5.

Dilansir dari laporan ArenaEV pada Minggu, mobil yang pertama kali ditampilkan di Beijing Auto Show dalam bentuk konsep di bulan April lalu itu, kini sudah memasuki tahap siap produksi.

Kementerian Industri dan Teknologi Informasi China telah membocorkan detail spesifikasi dari mobil SUV ini, menawarkan empat varian warna dan empat pilihan power train.

Baca juga: Volvo akan lengkapi SUV EX90 dengan paspor baterai kendaraan listrik

Mobil Smart #5 hadir dengan dimensi panjang 4,7 meter, lebar 1,9 meter, dan tinggi 1,7 meter sehingga menghadirkan ruang yang cukup luas bagi penumpang maupun barang bawaan. Jarak sumbu roda (wheelbase) mobil listrik ini mencapai 2,9 meter dan beban kosong seberat 2.450 kilogram.

SUV ini dirancang untuk menampung lima penumpang dan memiliki opsi pelek mulai dari 18 hingga 21 inci.

Smart #5 menawarkan berbagai pilihan power train yang beragam, sesuai dengan preferensi dan kebutuhan yang berbeda. Model penggerak roda belakang (RWD) dilengkapi dengan satu motor yang menghasilkan tenaga sebesar 335 hp dan 358 hp.

Baca juga: McLaren ingin bangun SUV Plug-In-Hybrid

Sedangkan bagi pengguna yang mencari performa lebih tinggi, varian penggerak semua roda (AWD) memiliki dua motor yang menghasilkan output tenaga gabungan sebesar 579 hp dan 638 hp.

Versi RWD dari Smart #5 menggunakan baterai lithium iron phosphate (LFP), sedangkan trim AWD menggunakan baterai nickel manganese cobalt (NMC).

Meskipun Smart belum mengumumkan secara resmi kapasitas baterai SUV Smart #5, laporan sebelumnya menunjukkan mobil ini dapat melaju hingga jarak 700 km berdasarkan standar CLTC.

Baca juga: SUV listrik Volvo pabrikan China diluncurkan, harga mulai Rp443 juta

Kemampuan pengisian daya juga menjadi sorotan untuk Smart #5. Mobil ini memiliki arsitektur 800 V dan pengisian daya berperingkat 4C, yang secara teoritis memungkinkan pengisian penuh hanya dalam waktu 15 menit.

Smart belum mengungkapkan harga dari Smart #5. Kemungkinan harga mobil tersebut dibocorkan menjelang debut resminya, bersamaan dengan ketersediaannya di pasar internasional. Pasar China diperkirakan akan menjadi yang pertama kedatangan Smart #5, kemudian disusul Eropa tak lama setelahnya.

Baca juga: Chery luncurkan SUV Sterra ET, hadir dalam dua versi

Baca juga: BYD resmi luncurkan SUV Sea Lion 07, tambahan untuk seri Ocean
Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024