Jakarta (ANTARA) - Produsen sepeda Motor Yamaha telah membuka Yamaha Smart Gallery pertamanya di Cibinong City Mall (CCM), Bogor, Jawa Barat, mengusung konsep baru memberikan pengalaman berbelanja inovatif kepada konsumen dengan kombinasi antara teknologi canggih dan pengetahuan produk.

Chief Yamaha area DDS 1 Bogor Sudrajat Jonathans menjelaskan bahwa Yamaha Smart Gallery adalah wadah yang dirancang khusus untuk mengedukasi konsumen tentang berbagai teknologi Yamaha dan memberikan penjelasan mendalam mengenai fitur-fitur produk.

"Sebetulnya ini pelayanan sama dengan diler-diler yang ada di luar sana, semua sama, hanya di sini yang membedakan bahwa kita cara jualnya itu beda. Kita di sini sudah ada yang namanya lead management yaitu di mana konsumen bisa menginput sendiri pembelian, berkonsultasi, dan ini adalah suatu sistem Yamaha yang sudah diluncurkan di bulan Februari," kata dia di CCM, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (10/6).

Dalam Yamaha Smart Gallery, konsumen dapat menggunakan sistem lead management yang memungkinkan mereka untuk melakukan pembelian, berkonsultasi, dan mengakses informasi produk secara mandiri.

Baca juga: Yamaha hadirkan livery spesial untuk Indonesia di WSBK Mandalika

Baca juga: Konsumen Jakarta dan Malang bawa pulang Yamaha Xmax pada program SOBER


Lebih dari sekadar tempat berbelanja, Yamaha Smart Gallery juga bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang teknologi Yamaha, seperti My Yamaha dan Y-Connect kepada konsumen.

Dalam sebulan, Yamaha Smart Gallery diklaim telah menarik hampir 2.000 pengunjung, dengan rata-rata 60 hingga 70 orang per hari. Pengunjung ini terutama tertarik pada motor-motor matic sport dan model terbaru, termasuk Grand Filano dan Fazzio.

Lebih lanjut Sudrajat mengatakan dipilihnya Cibinong City Mall Bogor sebagai lokasi pertama Yamaha Smart Gallery lantara permintaan sepeda motor Yamaha di wilayah tersebut sangat tinggi.

Selain itu, masyarakat juga semakin melek teknologi setelah pandemi COVID-19, sehingga Yamaha ingin memberikan wadah yang cocok bagi konsumen yang terbiasa berbelanja secara online.

Assistant General Manager Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Antonius Widiantoro menjelaskan bahwa konsep Yamaha Smart Gallery adalah memberikan pengalaman baru kepada konsumen dalam mengenal lebih jauh produk-produk Yamaha.

Baca juga: Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected meluncur, harga 27 jutaan

Konsumen dapat melihat pilihan produk Yamaha. Apabila tertarik untuk membeli, konsumen dapat memindai barcode untuk diarahkan kepada diler Yamaha terdekat dari rumah mereka.

Dalam hal ini, Yamaha Smart Gallery berperan sebagai duta Yamaha yang memberikan edukasi kepada konsumen, sementara penjualan dan proses lanjutan ditangani oleh diler yang dipilih oleh konsumen.

Anton juga menyebutkan bahwa Yamaha Smart Gallery bekerja sama dengan e-commerce, memungkinkan konsumen untuk membeli sepeda motor Yamaha melalui platform daring.

Selama pandemi COVID-19, minat pembelian melalui e-commerce meningkat, dan Yamaha ingin ikut bergerak dalam penjualan secara online.

Lebih lanjut Anton mengatakan pihaknya tetap fokus pada pengembangan Yamaha Smart Gallery ini, dan jika permintaan tetap tinggi dan kondisi menguntungkan, Yamaha berencana untuk melakukan ekspansi ke lokasi lain.

Anton berharap hadirnya Yamaha Smart Gallery dapat memberikan pengalaman belanja yang lebih baik dan meningkatkan pelayanan kepada konsumen.

"Mudah-mudahan ini bisa mendukung konsumen yang ingin membeli motor dengan cara yang berbeda. Jadi ini pilihan konsumen, yang mau datang ke diler silakan, kalau dia mau membeli lewat Smart Gallery dengan cara online juga boleh," pungkas dia.

Baca juga: Yamaha luncurkan mixer digital console DM3 usung semangat "Do More"

Baca juga: Yamaha kenalkan tujuh warna baru untuk skutik Gear 125

Baca juga: Yamaha luncurkan dua model "e-bike" terbaru
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023