Jakarta (ANTARA) - Pabrikan otomotif asal China Xpeng bersama dengan Volkswagen kembali memperluas cakupan kolaborasi mereka melalui pengembangan arsitektur kendaraan listrik masa depan.

Arena Ev pada Jumat mengabarkan bahwa XPeng telah membuat kemajuan signifikan dalam solusi perangkat lunak dan perangkat kerasnya untuk infotainment dan Advanced Driver Assistance Systems (ADAS), dua hal yang menjadi tantangan bagi Volkswagen.

Faktanya, tantangan dalam mengembangkan perangkat lunak sendiri inilah yang membuat VW datang mengetuk pintu Xpeng yang dilakukan pada tahun lalu.

Baca juga: VW gaet Xpeng untuk bangun platform EV terjangkau tahun 2026

Baca juga: Xpeng segarkan P7i dengan "Wing Edition"


Dengan melakukan kolaborasi ini, keduanya akan menghasilkan pengembangan yang lebih cepat dan penghematan biaya yang signifikan bagi kedua perusahaan.


Untuk mewujudkan ini semua, Volkswagen dan juga XPeng akan menghadirkan kendaraan ini pada tahun 2026 yang akan mereka luncurkan untuk pasar otomotif terbesar di dunia, yakni China.

Arsitektur bernama E/E yang dikembangkan sendiri oleh Xpeng merupakan inti dari teknologi perangkat keras dan perangkat lunak full-stack yang terintegrasi secara vertikal, yang memungkinkan perangkat lunak termasuk ADAS dan Connectivity OS dipisahkan dari platform perangkat keras dan kendaraan yang mendasarinya.

Arsitektur E/E generasi terbaru Xpeng menggunakan komputasi pusat dan arsitektur berbasis pengontrol domain untuk menyediakan lingkungan komputasi dalam kendaraan berkinerja tinggi dan struktur biaya yang kompetitif, menurut pernyataan itu.

Volkswagen menekankan bahwa ini adalah bagian dari strategi mereka "Di Tiongkok, untuk Tiongkok", yang bertujuan untuk meningkatkan kekuatan inovatif produsen mobil tersebut di Tiongkok.

Volkswagen akan memproduksi dua model bermerek Volkswagen yang dikembangkan bersama dengan Xpeng di Hefei, yang pertama akan menjadi SUV ukuran menengah yang dijadwalkan mulai diproduksi pada tahun 2026.


Baca juga: Volkswagen gandeng Xpeng China, kembangkan kendaraan terkoneksi cerdas

Baca juga: Xpeng China akan akuisisi divisi EV pintar, Didi

Baca juga: BYD, Li Auto, Nio, Dan Xpeng kebanjiran pesanan di pasar China

 

Pewarta:
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024