Jakarta (ANTARA) - Pembuat mobil China Xpeng pada hari Selasa mengumumkan pemotongan harga untuk beberapa model dalam pemberitahuan di akun WeChat resminya, mengikuti langkah serupa oleh Tesla dan Seres dan memicu ekspektasi perang harga yang lebih luas.

Baca juga: Produsen EV China incar predikat "bintang lima" untuk pasar Eropa

Xpeng menurunkan harga awal untuk sedan P7 elektrik murni terlaris menjadi 209.900 yuan, menurut pemberitahuan, 12,5 persen lebih rendah dari harga sebelumnya.

Pembuat mobil yang berbasis di Guangdong itu juga memangkas harga untuk semua versi sedan P5 dan kendaraan sport G3i antara 10 persen dan 13 persen, menurut perhitungan Reuters berdasarkan harga.

Persaingan semakin intensif di sektor kendaraan listrik (EV) di China di tengah perkiraan permintaan yang melemah di kuartal pertama.

Baca juga: Produsen mobil China kemungkinan hadapi penangguhan produksi pada Mei

Pembuat kendaraan listrik, meskipun banyak dari mereka masih merugi, berada di bawah tekanan untuk memangkas harga guna mempertahankan volume penjualan.

"Kami berharap dapat membuat kendaraan cerdas lebih mudah diakses oleh lebih banyak orang dengan harga yang lebih kompetitif," kata juru bicara Xpeng kepada Reuters dalam sebuah pernyataan setelah pemotongan harga.

Xpeng mengatakan akan menawarkan kepada pemilik mobil yang membeli mobil sebelum pemotongan harga layanan pemeliharaan yang diperpanjang secara gratis sebagai kompensasi.

Tesla memangkas harga mobil Model 3 dan Model Y sebesar 6 persen hingga 13,5 persen di China awal bulan ini, sementara Seres juga memangkas harga mobil listrik Aito yang dikembangkan bersama dengan Huawei Technologies Co sebesar 30.000 yuan Jumat lalu.

Xpeng juga mengandalkan versi baru dari sedan P7 berusia tiga tahun yang akan diluncurkan pada kuartal pertama untuk mendongkrak penjualan. Pembuat kendaraan listrik menjual 59.066 mobil P7 pada tahun 2022, 2,5 persen lebih sedikit dari tahun sebelumnya, demikian disiarkan Reuters, Selasa (17/1).


Baca juga: Xpeng capai tonggak produksi 100 ribu unit untuk model sedan P7

Baca juga: Xpeng Motors jadi perusahaan EV China pertama masuki pasar Swedia

Baca juga: Xpeng G9 tawarkan jangkauan 200km hanya lima menit pengisian daya
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2023