Jakarta (ANTARA) - Pabrikan otomotif Genesis menarik SUV GV70 di Amerika Serikat setelah insiden yang menunjukkan masalah transmisi mobil berbahan bakar konvensional tersebut.

Laman Carscoops melansir laporan National Highway Traffic Safety Administration (NTHSA) AS, Jumat (22/3), sebuah insiden di salah satu diler terjadi pada 8 Februari. Saat itu Genesis GV70 meluncur keluar dari parkiran dan melukai satu orang.

Setelah insiden itu, Genesis mengadakan penyelidikan dan menemukan bahwa masalah transmisi mungkin saja terjadi pada mobil GV70 lainnya. Merek bagian dari grup Hyundai itu pun menarik 15.645 unit GV70 yang dirilis di AS.

Baca juga: LG akan sediakan sistem "infotainment" untuk mobil Genesis

Baca juga: Hyundai ungkap desain Genesis GV70 SUV

Hasil penyelidikan Genesis menemukan terdapat kelembapan dan pelapukan pada konektor kontrol kendali transmisi, yang menyebabkan sinyal tidak normal sehingga memicu lampu malfungsi di dashboard menyala.

Genesis memastikan ada kesalahan pemasangan pin oleh pemasok pada lubang kosong penyambung. Kesalahan pemasangan itu menyebabkan air mengalir ke penyambung sehingga menyebabkan kesalahan transmisi.

Kesalahan transmisi bisa menyebabkan Genesis GV70 berubah menjadi model Netral ketika seharusnya dalam mode Parkir. Mobil yang berada pada posisi netral bisa saja berjalan pada permukaan yang rata.

Genesis memastikan kesalahan transmisi hanya terjadi pada mobil pabrikan di Amerika.
Masalah transmisi berpotensi ditemukan pada Genesis GV70 versi mesin empat silinder turbocharged 2,5 liter dan versi mesin ganda turbo V6 3,5 liter.

Sampai mobil diperbaiki, Genesis meminta pengemudi menggunakan rem tangan sebelum keluar dari mobil.

Baca juga: Genesis GV70 dinobatkan sebagai SUV Motor Trend tahun ini

Baca juga: Dua model Genesis G80 raih penghargaan keselamatan AS


Baca juga: Genesis Electrified GV70 2023 hadir di Australia
Pewarta:
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024