Jakarta (ANTARA) - Pada ajang Indonesia Motorcycle Show (IMOS+) perusahaan rintisan asal Indonesia, Dhelvic Genesis secara resmi menghadirkan kendaraan listrik bergaya sporty yang diklaim mampu berakselerasi 0-100 km/jam hanya dalam waktu 5 detik.

Kehadiran motor elektrik bergaya sport asal Indonesia ini, semakin meramaikan pasar motor elektrik di Indonesia yang kian hari kian beragam model dan juga fitur-fitur yang disuguhkan.

“Semua komponen yang digunakan pada Dhelvic Genesis didominasi buatan Indonesia,” kata Lead Designer, Research Head Dhelvic Genesis, Edwin Dhamaputra, di ICE BSD, Tangerang, Rabu.

Baca juga: Suzuki hadirkan ragam lini produk unggulan di ajang IMOS 2023

Menurut dia, pengerjaan motor listrik ini mulai dari sasis, suspensi, hingga kelistrikan dan penggerak elektrik semuanya didesain sketsa mulai dari nol.

Konsep dalam menghadirkan produk ini adalah perihal performa yang jadi patokan dari tim yang memiliki bekal dan pengalaman dari sejumlah engineer biasa menggeluti kendaraan roda dua dengan performa tinggi.

“Bahkan untuk dibandingkan performanya secara faktual dengan motor mesin konvensional di harga yang setara Dhelvic punya keunggulan pada banyak hal. Performanya yang ideal untuk aktivitas dalam kota, dan jarak tempuh yang memadai untuk sesekali turing ringan,” jelas dia. 

Motor listrik ini sudah dibekali dengan baterai lifepo4 atau LFP khusus dengan total daya 5,3 kwh, Dhelvic mampu menempuh jarak 200 kilometer untuk urban/dalam kota.

Baca juga: Suzuki bawa  Burgman Street 125EX di IMOS+ 2023

Di sini, Dhelvic Genesis memakai controller terkuat di kelasnya, yang dipadukan dengan baterai 5,3 kWh, dengan paduan itu motor listrik ini mampu menghasilkan tenaga hingga 35 hp dengan torsi 65 Nm.

Yang membuat motor listrik ini semakin terlihat gagah adalah penggunaan suspensi depan memakai teleskopik upside down yang fully adjustable. Sedangkan untuk bagian belakang, suspensinya sudah menggunakan mono shock yang juga fully adjustable dan semakin mempertegas kesan motor premium.

Berbeda dengan motor-motor listrik lainnya, motor listrik buatan anak bangsa ini sudah menggunakan body karbon kevlar yang membuatnya terlihat lebih agresif dan aerodinamis.

“Pengiriman produk sudah bisa dilakukan pada akhir tahun,” jelas dia.

Dhelvic Genesis membanderol kendaraan yang sudah dijejali dengan berbagai spek premium ini dihargai Rp60 juta, harga tersebut belum mendapatkan subsidi dari pemerintah sebesar Rp7 juta.

Baca juga: IMOS+ fokus pamerkan kendaraan ramah lingkungan

Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023