Jakarta (ANTARA) - Pabrikan mobil Jerman BMW mengungkapkan mobil konsep yang baru-baru ini mereka kenalkan Neue Klasse X akan dibekali dengan pengisian daya dua arah.

"Dengan Neue Klasse, kami memperkenalkan pengisian daya dua arah yang sudah kami uji secara luas," kata CEO BMW Oliver Zipse, diberitakan Carscoops, Jumat.

Bidirectional charging atau pengisian daya dua arah menunjukkan kemampuan untuk mengisi daya sekaligus sumber daya untuk perangkat lain. Mobil listrik Neue Klasse X juga akan dapat digunakan untuk mengisi daya perangkat lain.

Baca juga: BMW segera ungkap kendaraan konsep Vision Neue Klasse X

"Konsumen kami bisa memberikan energi listrik yang ada di kendaraan untuk rumah mereka, perangkat listrik seperti sepeda listrik atau generator. Ini membantu menurunkan biaya listrik dan menstabilkan jaringan," kata Zipse.

BMW menggandeng E.ON untuk menerapkan sistem pengisian daya dua arah itu. Di Amerika Serikat, mereka membuat perusahaan patungan dengan Ford dan Honda bernama ChargeScape untuk memfasilitasi daya dari kendaraan ke generator.

BMW membuat tiga kategori pengisian daya, yaitu kendaraan ke rumah, kendaraan ke generator dan kendaraan ke muatan.

Baca juga: BMW berpotensi hadirkan opsi atap serat karbon ke M240i 2024

Teknologi kendaraan ke rumah mengizinkan mobil digunakan untuk memberikan daya ke rumah tinggal. Konsumen harus membeli BMW DC Wallbox Professional untuk menggunakan kemampuan itu.

Fitur kendaraan ke rumah bisa digunakan jika rumah menggunakan panel surya. Ketika menghubungkan kendaraan dengan daya rumah, mobil bisa menyimpan energi yang didapat pada siang hari, kemudian berubah memasok daya untuk rumah pada malam hari.

Pada teknologi kendaraan ke generator, BMW Neue Klasse X bisa mengisi daya untuk generator. Teknologi ini diperkirakan baru bisa dikembangkan dalam waktu yang lama karena melibatkan badan regulator.

Sementara itu, teknologi kendaraan ke muatan bekerja mirip dengan kendaraan ke rumah, namun dalam skala lebih kecil. Mobil bisa digunakan untuk memberikan daya pada perangkat listrik, misalnya ketika berkemah.

Baca juga: BMW salip Mercedes-Benz, jadi produsen mobil asing terlaris di Korsel

Baca juga: BMW catat kenaikan pesat dalam penjualan kendaraan listrik di China
Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024