Jakarta (ANTARA) - BMW Motorrad telah memperkenalkan konsep R20 yang baru, sepeda motor minimalis yang memiliki mesin Big Boxer 2.0 liter (2.000 cc) yang baru.

Seperti namanya, konsep ini mengisyaratkan sebuah motor yang dapat ditempatkan di atas kelas R18, lapor Carscoops, Jumat (24/5).

BMW tidak menyebutkan spesifikasi performa, tetapi mengatakan bahwa mesin tersebut telah dilengkapi dengan berbagai komponen baru termasuk penutup kepala silinder, penutup sabuk, dan pendingin oli.

Perubahan-perubahan ini membolehkan paip minyak disembunyikan sebagian dari pandangan, menghasilkan penampilan yang lebih bersih dan lebih ramping.

R20 memiliki tangki bensin aluminium “hotter than pink” yang menarik perhatian serta perpaduan aksen aluminium yang dipoles dan dianodisasi.


Baca juga: BMW luncurkan tiga motor sekaligus di IIMS, ada motor listrik

BMW R20 Concept (ANTARA/X/BMWMotorradUSA)

Baca juga: BMW resmi luncurkan sepeda motor listrik ringan untuk perkotaan

Keduanya dipadukan dengan pembawa poros belakang dari aluminium yang digiling, poros penggerak yang terbuka, dan lampu depan LED yang dikelilingi oleh cincin aluminium yang dicetak 3D (tiga dimensi).

Kita juga bisa melihat sistem knalpot 2-in-2 dan roda 17 inci berwarna hitam yang didukung oleh sistem pengereman berkinerja tinggi. Sistem pengereman ini memiliki kaliper enam piston di depan dan empat piston di belakang.

Komponen-komponen ini disertai dengan aksen hitam, tampilan minimalis, dan jok penuh gaya yang memadukan bahan kulit dengan jok Alcantara. Khususnya, joknya dilengkapi lampu belakang LED di bawah alasnya.

Meskipun BMW Motorrad tidak mau menyebutkan secara spesifik, mereka mengatakan bahwa konsep ini memiliki sasis yang “sepenuhnya dikembangkan ulang” dan suspensi Ohlins yang dapat disetel sepenuhnya.

Baca juga: Intip kebolehan CE 04, motor listrik BMW yang lebih mahal dari HRV

BMW R20 Concept (ANTARA/X/BMWMotorradUSA)

Baca juga: BMW "recall" K 1600 2019-2020 karena masalah suspensi belakang

Paralever juga telah dieksekusi dalam varian dua lengan baru, di mana lengan ayunnya terbuat dari baja krom-molibdenum dan penyangga paralever terbuat dari aluminium.

Perusahaan enggan menyebut apakah motor ini akan dieksekusi menjadi model produksi atau tidak, tetapi mengatakan bahwa “konsep R20 menetapkan standar baru dalam dunia sepeda motor dan menegaskan komitmen BMW Motorrad terhadap teknik terbaik dan hasrat murni untuk bersepeda motor”.

Baca juga: BMW Motorrad akan luncurkan motor listrik pada 7 Juli

Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024