Jakarta (ANTARA) - BMW M3 masa depan yang disebut akan diluncurkan pada 2027 digadang-gadang memiliki empat motor listrik dan menggunakan penggerak roda belakang (Rear Wheel Drive/RWD).

Dilaporkan laman Carscoops, Kamis, empat motor listrik kendaraan berbasis baterai dari divisi M ini akan menghasilkan tenaga lebih dari 1.341 hp (1.000 kW).

BMW tidak merahasiakan fakta bahwa M3 akan berubah secara dramatis di era EV (Electric Vehicle). Produsen mobil ini telah menunjukkan pengujian prototipe quad-motor dalam beberapa kesempatan.

Bulan lalu, Kepala Eksekutif BMW M Frank van Meel menyatakan bahwa M3 baru, yang didasarkan pada platform Neue Klasse milik BMW, dapat menghasilkan tenaga sebesar 1.341 hp untuk kompetisi.

Baca juga: BMW kembangkan model EV Neue Klasse khusus untuk China

Van Meel menambahkan bahwa produsen mobil asal Jerman ini juga sedang mempertimbangkan ide untuk membuat model dengan tata letak penggerak roda belakang dan motor listrik kembar.

Sementara bos BMW M membocorkan beberapa rincian lain tentang varian potensial ini, versi M3 generasi berikutnya bisa jadi ideal untuk pelanggan yang lebih fokus pada dinamika penanganan daripada kecepatan garis lurus yang disediakan oleh pengaturan motor quad yang menggerakkan keempat roda (Four Wheel Frive/ 4WD).

Menariknya, BMW belum siap untuk berpaling dari M3 bertenaga pembakaran internal atau Internal Combustion Engine (ICE).

Saat membahas model listrik yang dapat hadir paling cepat tahun 2027, van Meel mengatakan bahwa mobil bermesin S58 3.0 liter twin-turbocharged enam silinder yang ada saat ini akan dibuat sesuai dengan serangkaian peraturan yang menetapkan batas maksimum untuk emisi karbon bagi mobil baru yang dijual di pasar Eropa (Euro 7), memastikan bahwa mobil ini masih dapat digunakan dan dijual bersama dengan alternatif listrik.

"Ini adalah mesin yang bagus, kami pasti akan membuat mobil ini memenuhi standar Euro 7 dan hal-hal lainnya, jadi itu akan terjadi. Kami tidak akan memiliki dua kelas yang berbeda, akan ada koeksistensi solusi di pasar, yang diperlukan," kata Kepala Pengembangan Produk BMW Frank Weber.

BMW sedang bersiap untuk meluncurkan model berbasis Neue Klasse pertamanya pada tahun 2025. Model baru ini akan berbentuk sedan berukuran 3-Series dan akan diikuti oleh lima kendaraan selanjutnya yang akan diperkenalkan BMW pada tahun 2027.

Baca juga: BMW luncurkan sedan Seri 5 baru pertama kalinya di Korea Selatan

Baca juga: BMW investasikan dana Rp1.6 triliun untuk uji coba baterai EV

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2023