Jakarta (ANTARA) - BMW ingin Eropa melonggarkan rencananya untuk melarang mobil bertenaga bensin dan diesel baru (ICE) mulai tahun 2035 dan seterusnya, dalam upaya untuk mengurangi ketergantungan kawasan ini pada baterai dari China.

Tidak seperti banyak merek lain, BMW telah mengadopsi pendekatan multi jalur dengan powertrain masa depannya, berinvestasi dalam teknologi seperti bahan bakar elektronik dan sel bahan bakar hidrogen, di samping kendaraan listrik baterai (BEV).

Ketika baru-baru ini berbicara di Paris Auto Show, dilansir Carscoops, Rabu, Kepala Eksekutif BMW Oliver Zipse mengatakan bahwa kerangka kerja peraturan baru diperlukan untuk memainkan kekuatan teknologi Eropa.

Baca juga: Menteri Transportasi Jerman tolak larangan Uni Eropa soal mobil "ICE"

“Koreksi target BEV 100 persen untuk tahun 2035 sebagai bagian dari paket pengurangan CO2 yang komprehensif juga akan mengurangi ketergantungan OEM Eropa pada China untuk baterai. Untuk mempertahankan arah yang sukses, jalur yang benar-benar teknologi-agnostik dalam kerangka kebijakan sangat penting,” kata Zipse.

Apakah pernyataan Zipse akan berperan dalam perubahan yang mungkin terjadi pada peraturan Eropa masih belum jelas? Namun, ia bukanlah eksekutif pertama dari produsen mobil besar yang menyarankan agar larangan ICE perlu dikaji ulang.

Awal tahun ini, Kepala Keuangan Porsche, Lutz Meschke, juga menyarankan agar larangan tersebut ditunda.

Baca juga: GM akan manfaatkan teknologi baterai buatan China di AS

Para pejabat dari Jerman dan Italia juga menolak untuk memberikan dukungan langsung terhadap larangan tersebut, mereka berperan dalam Komisi Eropa yang menambahkan pengecualian untuk kendaraan ICE yang ditenagai oleh bahan bakar netral-CO2.

Peninjauan ulang terhadap target saat ini telah dijadwalkan pada tahun 2026 dan kepala asosiasi otomotif PFA Prancis menambahkan di Paris bahwa penting bagi semua pihak untuk “kembali duduk bersama” guna membahas kemungkinan perubahan.

Baca juga: Inggris larang penjualan mobil ICE mulai 2030

Tiga tahun lalu, Oliver Zipse mengatakan bahwa BMW akan siap menghadapi larangan ICE ketika mereka mulai berlaku, mencatat bahwa merek tersebut akan “memiliki penawaran” jika ada wilayah, kota, atau negara yang memiliki gagasan untuk melarang ICE.

Pada saat itu, ia mengindikasikan bahwa larangan menyeluruh terhadap ICE mungkin bukan jalan terbaik ke depan.

Baca juga: CEO Honda yakin mesin bakar konvensional bisa bertahan sampai 2040

Baca juga: Bersiap keluar era ICE, Suzuki lakukan penghapusan model besar-besaran

Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024